oleh

La Salaming Penggarap Tanah Kebun Milik Lagamunru Mengaku

TOPIKTERKINI.COM, BONE — Penyelesaian tanah kebun milik Gamunru ( Wa’ Tanje ), di rumah Suha selaku kepala Dusun Bulu Tanah 2, Desa Mattampawalie, Kecamatan Lappariaja, Kabupaten Bone. Minggu, 15/11/2020.

Yang hadir dalam pertemuan tersebut, Suha ( Pak Dusun Bulu Tanah 2 ), Pa’di, Lasalaming, Samsu, Maryam ( Cucu Gamunru ), Yuli ( Cucu Gamunru ), Rahman ( Cucu Gamunru ), dan Ustadz Ridwan ( Suami Maryam ).

Lasalaming selaku penggarap lahan tanah kebun milik Gamunru ( Wa’Tanje ), mengakui bahwa lahan yang di garapnya itu bukan miliknya.

“Iya’ ujamai iyye tanae, isuroma ( Saya kerja ini tanah karena disuruh ). Iya’ ma’jamama de’ wedding ma’balu ( Saya Hanya bekerja tidak boleh menjual ).” Ucap Lasalaming di rumah Suha ( kepala Dusun Bulu Tanah 2 ).

Suha selaku kepala Dusun Bulu Tanah 2 telah melakukan mediasi kepada kedua belah pihak, pemilik lahan dan si penggarap lahan.

“Intinya iyye najamai Alena salah jalur i. Bahasa kasarnya salah jalur i, pada muto ko laoki na larangan pale. Pasti secara hukum, tidak ada istilah de’uwissengngi.”(Intinya Dia Lasalaming bekerja tapi salah alur. Dianalogika kalau bepergian tapi tempat yang di tuju adalah larangan ( Milik orang lain ). Yang secara hukum tidak ada istilah tidak tahu.” Ungkap Suha ( Kepala Dusun Bulu Tanah 2 ).

Maryam mengatakan kepada awak media topikterkini.com, tanah ini milik kakek kami yaitu Gamunru. Yang di garap oleh La Salaming.

“Ini tanah milik kakek kami ( Gamunru ),” Ucap Maryam ( Cucu Gamunru ) mewakili saudara-saudaranya.

Samsu anak tiri dari Gamunru mengatakan ini tanah memang milik Gamunru. Karena semasa kecil saya, sering menemani dan membantu La Gamunru dalam bekerja di lahan tanah tersebut.

“Iyye tanae memang tanana La Gamunru. Iyaro waktuku anak-anak tuli laoka sibawangngi La Gamunru ma’jama ko tanana. Ucap Samsu.

Laporan : Abd. Rahman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed