oleh

KPU NIAS UTARA MELAKSANAKAN KEGIATAN SIMULASI CARA MENGGUNAKAN HAK PILIH PADA MASA PANDEMI COVID 19

TOPIKTERKINI-NIAS UTARA- KPU Nias Utara melakukan simulasi bersama masyarakat Nias Utara di Desa Hilidundra sebanyak 483 pemilih sesuai DPT yang akan menggunakan hak suaranya pada pemilukada 9/12/2020 bertempat Tribun Prnfopo Kabupaten Nias Utara. Sabtu 21/11/2020.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 wib terlihat para pemilih mulai mencuci tangan dan memberikan surat panggilannya kepada petugas untuk dipanggil mencoblos menggunakan hak pilihnya masing-masing dengan mentaati protokol kesehatan. Ceremonypun segera dimulai yang dihadiri oleh ketua KPU dan seluruh anggota komisioner KPU Nias Utara, Pendamping dari KPU Provinsi oleh ibu Deden, Ketua Bawaslu oleh Memory Zendrato, mewakili pemerintah oleh kepala kesbangpol Kabupaten Nias Utara, mewakili lembaga DPRD Nias Utara oleh Fangatulo Zega, mewakili Kapolres Nias oleh Kapolsek Alasa, Kepala Desa Hilidundra dan tim dari masing-masing Paslon, serta PPK se-Kabupaten Nias Utara.

Acara ceremony yang dipandu oleh ibu Titin sebagai pembawa acara yang disusul kata pembukaan dari komisioner KPU divisi Tekhnis oleh Karyanto Lase menyampaikan maksud dan tujuan simulasi ini diadakannya sebab pemilu tahun ini ada perbedaan dengan pemilu sebelumnya karena situasi masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19).

Dicela kegiatan ini terlihat kelompok Sanggar Budaya SISARAMBURUSA turut memeriahkan Simulasi dimaksud dengan “Sanggar seni tari bernuansa budaya Nias dalam menyajikan sekapur sirih kepada tamu – tamu terhormat,”

Pada kata sambutan dari ketua Bawaslu Memory Zendrato memberikan masukan kepada penyelengggara Pemilu bahwa menurut pengamatannya setiap 1 orang pemilih memakan waktu 6 menit mulai mencuci tangan, pakai sarung tangan, mencoblos hingga sampai keluar dari bilik kotak pencoblosan. Dan jikalau tiap TPS 400-500 orang lalu bagaimana teknis agar waktu yang digunakan sampai pukul 13.00 Wib bisa efisien. Hal ini menjadi catatan kepada KPUD Nias Utara tandasnya.

Oleh pemerintah Nias Utara yang diwakili oleh kepala Kesbangpol mengangkat jempol atas acara ini karena KPU Nias Utara mampu mensosialisasikan sekaligus Simulasi cara menggunakan hak pilihnya setiap orang dalam menentukan Kepala Daerah di Nias Utara dimasa mendatang. Mengakhiri sambutannya ia berharap bahwa perbedaan pemilu kali ini karena situasi pandemi tidak menjadi penghalang bagi setiap pemilih untuk menentukan pilihannya. DPRD Nias Utara yang diwakili oleh Fangatulo Zega sangat mendukung kegiatan ini seraya berharap agar simulasi ini bisa tertransfer sampai ke pelosok di seluruh Nias Utara.

Inti dari kegiatan simulasi ini dijelaskan oleh ketua KPU Nias Utara Evorianus Harefa, SH bahwa Pembukaan Simulasi dan penggunaan sistim rekapitulasi ini dalam rangka mencari formulasi yang pas untuk Pilkada 2020.
Tahapan kegiatan ini kewajiban kita menggunakan dan mentaati protokol kesehatan.
Maka sekarang dibutuhkan masukan, tata cara mencari formulasi ini maka berdasarkan simulasi ini KPU akan mendapatkan masukan apa hal-hal yang perlu dibenahi. Ditambahkannya bahws selain simulasi ini proses ini juga sebagai bahan sosialisasi kepada masyarakat pemilih. Diharapkannya bahwa KPPS menyediakan sarung tangan, masker dan bilik khusus bagi yang memiliki suhu tubuh 37.03 derajat selsius dan juga yang positive, reaktif covid 19. Ditegaskannya kepada seluruh
KPPS wajib memakai pelindung wajah, masker dan sarung tangan dalam mengurangi terinfeksinya penularan covid 19.
KPU sebagai penyelenggara menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak perlu takut datang ke TPS dalam menggunakan hak pilh pada pemilu kada tahun ini.
Ditambahkannya bahwa perhitungan suara dikirim melalui Sirekap dan manualnya tetap ada formulir salinan c.
Formulir c 6 menjadi formulir pemberitahuan disampaikan kepada warga agar waktu tiba di TPS tidak terjadi kerumunan. Kalau tidak juga datang dengan waktu di isi pada formulir pemberitahuan maka masih diberikan waktu sampai pukul 13.00 wib.
Sebelum mengakhirinya maka secara resmi acara simulasi tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Nias Utara (Evorianus Harefa, SH).

(Junhar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed