oleh

Pastikan Bebas Covid-19, 301 Pengawas TPS Kabupaten Buol Jalani Rapid Test

Topik terkini.com.Buol – Pilkada Serentak 2020 di tengah Pandemi menuntut Penyelenggara maupun Pengawas tidak hanya berintegritas tapi juga bebas dari Covid-19.

Karena itu jajaran Bawaslu Kabupaten Buol melakukan Rapid Test untuk memastikan tidak terpapar virus guna menghindari penyebaran covid-19 kalster Pilkada.

Sebanyak 301 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se Kabupaten Buol selama 2 hari Jumat – Sabtu (27-28/11/2020) menjalani rapid test, sebelum menjalankan tugas saat pencoblosan pada Pilgub Sulteng 9 Desember 2020 mendatang.

Pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung di kantor Bawaslu.

Ketua Bawaslu Buol Suhardi Badolo, mengatakan agenda rapid test kepada 301 Pengawas TPS untuk mencegah adanya Pengawas TPS yang reaktif.

“Pelaksanaan rapid test berlangsung di kantor Bawaslu selama 2 hari yaitu hari Jumat dan sabtu (27-28/11/2020) Bagi yang belum sempat hadir kemarin hari ini petugas medis masih memberikan waktu kepada Pengawas untuk di Rapid Test,”sebut Ketua Bawaslu

Dijelaskannya, rapid test dilaksanakan sebagai wujud komitmen Bawaslu Buol dalam melaksanakan seluruh tahapan Pilkada dengan mematuhi protkes dan mekanisme penanggulangan sesuai amanah peraturan pelaksanaan pemilu ditengah pandemi Covid-19.

“Pelaksanaan rapid test di jajaran internal Bawaslu Buol tidak lepas dari peran aktif Kordinator Sekretaris Bawaslu Muh.Singara.S.Ag, M.Si beserta staf yang senantiasa bersedia memberikan fasilitas dalam memenuhi kebutuhan dan suksesnya pelaksanaan kegiatan tersebut,”sebut Suhardi.

Ketua Bawaslu juga menegaskan , jika nanti ada Petugas TPS yang dinyatakan reaktif berdasarkan hasil rapid test maka akan dilakukan pengganti antar waktu (PAW) tanpa harus menunggu hasil swab mengingat waktu pemungutan suara sudah dekat.Namun pun pihaknya berharap kepada 301 PTPS setelah menjalani rapid test hasilnya non reaktif.

Turut aktif bersama tim medis Direktur RSU Mokoyurli dr.H arianto.s Panambang, pelaksanaan rapid Test juga di kawal oleh Bripka Tomy Hendra Wijaya beserta personil yang di tempatkan Polres Buol di kantor Bawaslu.

“Pelaksanaan ini berpedoman pada per Bawaslu nomor 4 tahun 2020 yang mewajibkan seluruh jajaran Bawaslu termasuk PTPS untuk melaksanakan rapid test yang kemudian kita bekerjasama dengan petugas medis dari Satgas Covid-19 Kabupaten Buol,”tandas Suhardi.

Laporan : Husni sese

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed