oleh

KPU Buol Gelar Simulasi Pungut Hitung Pilgub Sulteng 2020 di TPS

Topik terkini.com.Buol – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan simulasi pungut hitung Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah 2020 di halaman depan Kantor KPU Buol Kelurahan Leok 1 minggu ( 29/11/2020).

Simulasi juga dilakukan pengamanan oleh petugas kepolisian, dan semua tahapan simulasi ini seperti proses pemungutan suara yang akan di laksanakan pada Rabu , 9 Desember 2020 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Buol Alamsyah, SE mengatakan simulasi tersebut melibatkan Komisioner KPU, PPK, PPS dan KPPS serta pengawasan oleh pihak Bawaslu.

“Simulasi ini untuk memastikan KPU dalam pungut hitung yang akan dilaksanakan Rabu 9 Desember 2020 mendatang, melalui simulasi tersebut juga kita dapat melihat kejadian khusus seperti pemilih yang datang dengan hanya membawa e-KTP dan tidak masuk dalam DPT maupun DPTb bagaimana langkah-langkah yang dilakukan penyelenggara,” Sebut Alamsyah

Ia juga mengatakan pemahaman petugas KPPS penting agar Pilkada berlangsung lancar maka acuanya harus pada PKPU.Selain itu pemilih datang ke TPS wajib menggunakan masker, mencuci tangan sesuai Protkes Covid-19, membawa kertas Undangan pemilih dan membawa KTP Asli.

Alamsyah menegaskan Simulasi ini juga akan mengukur waktu di TPS dimulai saat pencoblosan hingga perhitungan suara seberapa panjang durasi yang di perlukan.

“Dari simulasi dapat menghitung durasi sejak TPS di buka pada pukul 07.00 dimulai dari pengucapan sumpah hingga penandatanganan kertas surat suara, waktu yang di perlukan lebih dari satu jam, pada saat pencoblosan rata-rata pemilih memerlukan waktu antara 2 hingga 6 menit, selain itu untuk waktu pemilih datang Ke TPS dari pukul 07.00 hingga 13.00 wita ” Jelasnya.

Dalam Simulasi ini juga juga dilakukan penerapan protokol kesehatan mulai dari penyiapan tempat cuci tangan, handsanitizer , sarung tangan plastik untuk pemilih serta pengaturan jarak kursi bagi pemilih yang di siapkan hingga Tekhnis penanganan situasi di mana saat pelaksanaan pemungutan suara terjadi kedaruratan medis.

“Kami sudah siapkan petugas khusus di setiap TPS lengkap dengan APD, juga di siapkan bilik khusus bagi pemilih yang setelah di ukur suhu tubuhnya melebihi 37,3 derajat celcius,” Kata Ketua KPU

Pada kegiatan simulasi ini juga dihadiri oleh Sekretaris Kabupaten Buol Drs.Muh.Sufrizal Jusuf, MM, Ketua DPRD Srikandi Batalipu, S.Sos, Kapolres Buol AKBP. Dieno Hendro Widodo.S.I.K beserta beberapa PJU Polres Buol, Pabung Kodim 1305 Buol dan Tolitoli Mayor.Inf. Jefri Mamonto, Kasi Intel Kejari Buol Usman.SH.M,Sekretaris BPBD Buol Lisa Monalisa.S.STP, Marwadi.S.Sos mewakili Kasat Pol.PP, Korsek Bawaslu Muh.Singara.S.Ag.M.Si beserta jajarannya.

Liputan : Husni Sese

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed