oleh

KPU Buol Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pillgub Sulteng

TOPIKTERKINI.COM.BUOL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buol melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah yang digelar di Kantor KPU Buol Kelurahan Leok 1, Selasa (15/12/2020).

Pelaksanaan rapat pleno terbuka dimulai pukul 09.00 Wita, di awali dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Bukal sebagai pembuka penghitungan suara, serta disusul Kecamatan Lakea.

Ketua KPU Buol Alamsyah, SE didampingi 4 Komisioner KPU saat memimpin  pleno tersebut mengatakan pembacaan hasil penghitungan suara ini berdasarkan amanat PKPU No.5 dan PKPU No.19 Tahun 2020.

Diketahui, Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah tahun 2020 diselenggarakan KPU Buol, setelah 11 PPK seluruhnya merampungkan pleno penghitungan suara ditingkat Kecamatan.

Pleno Rekapitulasi di agendakan berlangsung selama dua hari (15-16/12/2020) ini, dapat diselesaikan secara maraton hingga pukul 04.00 wita Rabu (16/12). Dari hasil rekapitulasi di 11 Kecamatan Paslon 02 (Rusdi Mastura-Ma’mun Amin) unggul dengan perolehan Suara sebanyak 47.410 dari Paslon 01 (Hidayat – Barto) yang hanya memperolehan suara 21.345. Pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara yang dihadiri saksi kedua saksi Paslon berjalan Kondusif,aman dan lancar.

Usai pelaksanaan pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara kepada media ini Ketua KPU Buol Alamsyah menyampaikan bahwa setelah selesai pleno ini akan segera menghadiri pleno penetapan Paslon terpilih pada Pilgub Sulawesi Tengah tahun 2020 di KPU Provinsi.

Terkait pelaksanaan Pilgub Sulteng di Kabupaten Buol yang berlangsung aman dan Kondusif tentunya tidak terlepas dari peran aktif semua pihak.

“Dengan capaian partisipasi pemilih mencapai 68,98 persen dari jumlah DPT (101.184) di masa Pandemi Covid -19, ini kami anggap sudah luar biasa, dibanding beberapa daerah Kabupaten Kota di Indonesia yang hanya menggelar Pilkada Gubernur,”ungkap Alamsyah.

Dia juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang sebesar besarnya kepada seluruh stakeholder, TNI-POLRI, Pemda Buol, Bawaslu beserta jajarannya dan seluruh elemen masyarakat Buol atas Sinergitas serta Dukungan penuhnya sehingga pelaksanaan Pilgub Sulteng di Kabupaten Buol berjalan aman, damai dan Kondusif,,”ucapnya.

Rapat pleno turut dihadiri Kapolres Buol, AKBP Dieno Hendro.Widodo, SIK beserta jajaran PJU, Kasi Babuk, Okto Dewaruci, SH mewakili Kajari Buol, Pabung Kodim 1305-08 Buol dan Tolitoli, Ma your.Inf Jeffry Mamonto, Ketua Bawaslu Suhardi Badolo, S.Pd, Karyanto.S.Sos, Sumarlin.S.Sos anggota Bawaslu, Kasat Pol.PP, Drs. Azrarudin, Kesbangpol, Disdukcapil, Saksi dari kedua Paslon Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah.

Liputan : Husni Sese

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed