oleh

Hari Amal Bakti (HAB) 2020 Kemenag Jeneponto Di Buka Oleh Bupati Jeneponto

TOPIKTERKINI.COM-JENEPONTO- Di tengah pandemi COVID-19 Kementerian Agama Republik Indonesia Kabupaten Jeneponto dengan khidmat menggelar upacara Hari Amal Bakti (HAB) 2020 di lapangan upacara Kemanag Jeneponto. (Selasa 05/01/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Jeneponto Iksan Iskandar. Dalam sambutannya membacakan naskah Hari Amal Bakti (HAB) 2020 perlunya pengembangan toleransi antar umat beragama.
Pengembangan toleransi dan kerukunan antar umat beragama merupakan karya bersama para Tokoh Agama, para Menteri Agama dan aparatur Kementerian Agama dari masa ke masa. Tanpa toleransi, tidak ada kerukunan. Toleransi dan kerukunan antar umat beragama dilakukan dengan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama. Pengalaman membuktikan toleransi dan kerukunan tidak tercipta hanya dari satu pihak, sedangkan pihak yang lain berpegang pada hak-haknya sendiri. Dewasa ini, kita mengembangkan moderasi beragama, agar toleransi dan kerukunan yang sudah ada lebih mengakar di dalam kehidupan
sehari-hari bangsa kita”. tegas bupati 2 periode ini.

Lebih lanjut Iksan Iskandar menyampaikan mengenai pancasila sebagai Ideologi bangsa yang menjadi dasar pemersatu.
Pancasila adalah ideologi pemersatu yang merangkum nilai-nilai keindonesiaan sebagai bangsa yang beragama. Sila pertama dan utama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, meneguhkan identitas nasional sebagai bangsa yang beragama dan bermoral. Komitmen religius dan moralitas menjadi barometer apakah suatu bangsa dapat menjadi bangsa yang besar atau tidak. Sejalan dengan itu, tugas dan tanggungjawab sejarah bagi seluruh bangsa Indonesia adalah mengisi negara yang ber-Ketuhanan Yang Maha Esa ini sejalan dengan asas demokrasi dan kedaulatan rakyat. Bangsa Indonesia, dari generasi ke generasi harus bisa menjaga komitmen nasional tentang landasan bernegara di tengah dahsyatnya percaturan global di bidang geopolitik, ekonomi, kebudayaan, ilmu pengetahuan, teknologi dan lain-lain”. ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Kementerian Agama memberikan tanda kehormatan Satuan Lencana Karya Satya kepada 112 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Kementerian Agama Kabupaten Jeneponto.

Hari Amal Bakti (HAB) 2020 Kementerian Agama Jeneponto ini berlangsung dengan tetap menetapkan protokol kesehatan yang ketat.(***) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed