oleh

Api menghancurkan ratusan rumah di kamp pengungsi Rohingya

TOPIKTERKINI.COM – DHAKA: Kebakaran melanda kamp pengungsi Rohingya yang luas di Bangladesh selatan pada Kamis, menghancurkan ratusan rumah, kata para pejabat. Tidak ada korban yang dilaporkan.

UNHCR mengatakan lebih dari 550 rumah yang menampung sekitar 3.500 orang serta 150 toko hancur total atau sebagian dalam kebakaran itu.

Pengungsi Rohingya menyelamatkan harta benda dari sisa-sisa yang hangus setelah kebakaran terjadi di Kamp Nayapara di distrik Cox’s Bazar, Bangladesh, Kamis, 14 Januari 2021. (AP)

Kebakaran terjadi Kamis pagi di Kamp Nayapara di distrik Cox’s Bazar, tempat lebih dari 1 juta pengungsi Rohingya dari Myanmar tinggal. Nayapara adalah kamp tua yang didirikan puluhan tahun lalu.
Mohammed Shamsud Douza, seorang pejabat senior pengungsi, mengatakan petugas pemadam kebakaran membutuhkan waktu dua jam untuk mengendalikan api.

Tidak ada korban luka serius yang dilaporkan, dan penyebab kebakaran tidak segera diketahui.
Badan PBB mengatakan keluarga yang terkena dampak diberikan bahan-bahan penampungan, pakaian musim dingin, makanan hangat dan perawatan medis.
Sebuah video menunjukkan banyak pengungsi mencari barang-barang berharga melalui lembaran besi bergelombang yang hangus.

“Ini adalah pukulan telak lainnya bagi orang-orang Rohingya yang telah mengalami kesulitan yang tak terkatakan selama bertahun-tahun,” kata direktur Save the Children di Bangladesh, Onno van Manen, dalam sebuah pernyataan. “Kebakaran dahsyat hari ini akan merampas banyak keluarga dari apa yang hanya tersisa sedikit dari perlindungan dan martabat bagi mereka.”

Sekitar 700.000 Rohingya melarikan diri ke kamp-kamp di Cox’s Bazar setelah Agustus 2017, ketika militer di Myanmar yang mayoritas beragama Buddha memulai tindakan keras terhadap kelompok Muslim tersebut menyusul serangan oleh pemberontak. Tindakan keras itu termasuk pemerkosaan, pembunuhan, dan pembakaran ribuan rumah, dan disebut pembersihan etnis oleh kelompok hak asasi global dan PBB. – AN

Editor: Erank

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed