oleh

Sidang Amdal Tanpa Perwakilan Masyarakat Bualemo

TOPIKTERKINI.Com, BANGGAI – Sidang Komisi Penilai Amdal Kabupaten Banggai oleh dua perusahaan selaku pemrakarsa PT. Bumi Persada Surya Pratama dan PT. Banggai Mandiri Pratama, pada Jumat (22/1/2021) bertempat di Hotel Santika Luwuk itu, tanpa dihadiri dan disaksikan langsung oleh perwakilan dari masyarakat Kecamatan Bualemo, Kabupaten Banggai.

Padahal dua perusahaan tersebut rencananya akan beroperasi di wilayah Kecamatan Bualemo.

Minus perwakilan dari masyarakat Bualemo, di akui oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banggai Safari Yunus, beralasan karena Sidang Amdal digelar menggunakan Zoom Meteting. Sementara di hari saat sidang di gelar wilayah Kecamatan Bualemo tidak ada jaringan internet sehingga aplikasi zoom tidak berfungsi.

“tidak ada karena mereka (perwakilan bualemo – red) tidak ada jaringan sehingga tidak bisa zoom meeting, karena yang di wilayah (kecamatan- red) digunakan zoom meeting” kata Safari Yunus.

Peserta yang hadir pada sidang Amdal dibatasi, mengingat protocol kesehatan pecegahan penyebaran Covid -19. “ sidang di luwuk juga terbatas yang masuk karena protocol kesehatan” ungkap Safari.

Ia menambahkan, sidang Amdal untuk kecamatan Batui yang rencananya akan dilaksanakan pada Senin (25/1) bertempat di Hotel Santika Luwuk, untuk perwakilan masyarakat dari kecamatan Batui juga akan mengunakan sitem Zoom Metting.

“untuk yang di kecamatan menggunakan zoom meting” tutup Safari

Informasi yang diterima media ini, berita acara hasil Sidang Komisi Penilai Amdal Kabupaten Banggai pada rencana kegiatan pertambangan bijih nikel oleh PT. Bumi Persada Surya Pratama Mandiri yang meliputi wilayah Kecamatan Masama, Kecamatan Luwuk Timur, Kecamatan Bualemo dan Kecamatan Pagimana, serta berita acara Sidang Komisi Penilai Amdal pada rencana kegiatan pertambangan bijih nikel PT. Banggai Mandiri Pratama di Kecamatan Pagimana dan Kecamatan Bualemo Kabupaten Banggai diduga tanpa melampirkan masukan dan saran dari perwakilan masyarakat Kecamatan Bualemo.

Liputan : Ahmad Labino

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed