oleh

Musrenbangdes Desa Sisobahili Sesuai Harapan Masyarakat

TOPIKTERKINI-NIAS UTARA- Pelaksanaan Musyawarah Pembangunan Desa (Musrenbangdes) perencanaan tahun anggaran 2021 di Desa Sisobahili Kecamatan Namohalu Esiwa Kabupaten Nias Utara berlangsung di aula pertemuan Desa Sisobahili pada hari Jumat (29/01/2021)

Kepala Desa dan segenap jajarannya dan tokoh masyarakat serta anggota BPD menyambut kedatangan Tim Kecamatan Namohalu Esiwa (Names) yang dihadiri oleh Yafeti Harefa dan Siduhu Harefa, mewakili camat Names.

Kata pembukaan yang disampaikan oleh Kepala Desa Sisobahili Fanolo Harefa, S.Pd mengharapkan dukungan para hadirin terlebih tokoh masyarakat untuk menyepakati usulan kegiatan sekala prioritas, baik yang di danai oleh Dana Desa, maupun suberdananya APBD  Kabupaten, APBD Provinsi serta melalui APBN yang di usulkan nantinya melalui Musrenbang Kecamatan.

Ditambahkannya bahwa hasil atau berita acara Musrenbangdes ini tentu nantinya akan disampaikan kepada kecamatan untuk menjadi bahan kajian dalam pembangunan sekala prioritas serta dimasukan dalam Daftar Usulan Rencana Program Pemerintah (DURKP) di Musrenbang Kecamatan, sesuai dengan sumber dana yang menjadi kewenangan.

Para tokoh masyarakat oleh Dominikusman Harefa dalam sambutannya mengharapkan agar usulan kita tidak usah terlalu banyak tetapi bisa dirasakan dan dinikmati oleh seluruh masyarakat, pungkasnya.

Dalam acara Musrenbangdes ini Ketua BPD Oferianus Harefa juga menyampaikan sambutannya dan menjelaskan bahwa Musrenbangdes adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan. Tujuan diadakannya Musrenbangdes adalah untuk membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan Desa, ungkapnya.

Yafeti Harefa mewakili camat dalam sambutanya kembali menyampaikan tujuan Musrenbangdes, yakni untuk menyelaraskan Pembangunan Desa dimana harus melalui tahapan dan tatanan RKPDes serta melaksanakan sekaligus tidak lepas dari racangan Pembangunan dengan sekala Prioritas.

Salah seorang warga yang berinisial JH menyampaikan rasa syukur dan terimakasih telah menyepakati beberapa item kegiatan hasil Musrenbangdes tahun ini sudah sesuai dengan kegiatan blusukan Bupati terpilih diantaranya pengaspalan jalan dari Heno menuju Desa Laehuwa ATM, Pembangunan Jembatan Heno dimana bapak Bupati dan Tim Aman saat itu sudah langsung turun kelapangan melihat dan merasakan kebutuhan masyarakat, harapan kita bisa ditetapkan kegiatan ini pada Musrenbang kecamatan dan kabupaten di hari yang akan datang.

Dalam Musrenbangdes 2021 kali ini berlansung penuh hikmah yang menghadirkan seluruh Komponen Masyarakat terdiri dari  BPD Desa Sisobahili, Perangkat Desa, LPM, LKD, PKK, serta Tokoh-Tokoh Masyarakat.
(Junhar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed