oleh

Vaksin Covid-19 Dosis Kedua Konsel Berjalan Lancar Tanpa Ada Gejala Klinis Berat Bagi Penerima

TOPIKTERKINI.COM – KONSEL | Usai melaksanakan pencanangan vaksinasi perdana covid-19 yang dinilai berjalan sukses pada Tanggal 1 Januari 2021 lalu yang di ikuti oleh puluhan pejabat publik dan pejabat tenaga kesehatan. Hari ini (Senin, 15/2/) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan kembali menggelar kegiatan yang sama bagi kelompok penerima tersebut.

Kegiatan vaksinasi dosis yang kedua kalinya ini juga berjalan aman dan lancar. Hal itu didasarkan karena dari pantauan kondisi kesehatan dan pengakuan para penerima vaksin. Tak ada satupun yang menyatakan mengalami gejala klinis berat seperti informasi yang beredar di media sosial terkait dampak vaksin.

Vaksin Covid-19 Dosis Kedua Konsel Berjalan Lancar Tanpa Ada Gejala Klinis Berat Bagi PenerimaPernyataan itu disampaikan Kapolres Konsel, AKBP Erwin Pratomo, S.I.K. ditemui usai menerima vaksin kedua.”Vaksin aman, berkhasiat minim efek samping atau tidak ada efek negatif yang dirasakan,” ujarnya singkat.

Olehnya Kapolres menghimbau masyarakat untuk patuh dan ikut serta dalam program vaksinasi, agar tercapai herd immunity. Dimana menurutnya Pemerintah menjamin menyediakan vaksin yang aman dan berkualitas bagi seluruh masyarakat.

“Tidak usah ragu untuk di vaksin, karena selain aman bagi kesehatan sebelum di luncurkan telah mendapat sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia,”tegasnya.

Selain itu ia mengatakan sekaligus menghimbau bahwa selagi proses vaksinasi berjalan juga bagian menekan penularan wabah covid-19 diharapkan masyarakat tetap wajib menerapkan protokol kesehatan 4 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak serta Menghindari Kerumunan).

Hal senada juga disampaikan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Pemkab Konsel, Erna Yustiana sebagai salah satu pejabat eselon penerima vaksin di lokasi kegiatan vaksin di Halaman Rumkit Kabupaten. Ia menyampaikan bahwa tidak ada gejala klinis berarti pasca di suntik vaksin pertama, termasuk suntikan ke dua pada kali ini.

“Setelah proses klinis vaksin pertama dan kedua kalinya, tidak ada gejala berat yang di rasakan, hanya nyeri dan pegal otot pada tempat suntikan, sama dengan tindakan suntikan biasa jika kita berobat,” terang Erna.

“Jadi, jangan khawatir disuntik vaksin, karena efek samping suntik vaksin Covid-19 masih aman bagi tubuh,” yakinnya.

Erna berharap, kelompok penerima seperti dirinya dan pejabat publik lain selaku relawan vaksin pada tahap awal dapat terbangun kepercayaan dan menjadi contoh atau panutan bagi masyarakat agar tidak ragu untuk divaksin.

Untuk di ketahui pada program vaksinasi kali kedua ini selain diikuti para pejabat eselon II, III dan IV lingkup Pemkab Konsel, turut dihadiri Kejari Konsel Aprilliana Purba. Dan sebelumnya vaksin pertama telah diberikan kepada para tenaga kesehatan di beberapa Puskesmas se- Konawe Selatan. Total sebanyak 2.800 Vial Vaksin Sinovac tahap pertama yang di siapkan Pemerintah Kabupaten.

Laporan: Muh Sopian

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed