oleh

Komitmen Nias Utara Maju, Kada Terpilih Gelar FGD Dalam Menelaah 4 Strategi AMAN Mewujudkan Visi-Misinya

TOPIKTERKINI-NIAS UTARA-Guna memantapkan berbagai strategi awal dalam mewujudkan Nias Utara Maju, Sejahtera dan Berkeadilan, Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara terpilih Amizaro Waruwu-Yusman Zega menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Aula Taman Naya-Lotu. Selasa, (23/02/2022).

FGD tersebut dibahas empat paket kebijakan ekonomi daerah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Nias Utara.

“perlu memantapkan proses perencanaan kedepan dalam menggali ide dan gagasan dari seluruh stakeholder terkait agar 4 paket kebijakan pemerintah daerah kedepan dapat terwujud,” ungkap Yusman Zega, A.Pi.,M.Si Wabup terpilih.

Fokus, tuntas dan sesuai kebutuhan menjadi prinsip pemerintahan daerah kedepan setelah pasangan AMAN dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara.

“strategi dan prinsip kedepan adalah fokus, tuntas, sesuai kebutuhan dan integrasi daerah ke Desa serta kolaborasi, koordinasi dan konsistens,” kata Yusman.

Khusus sektor pembangunan ekonomi akan diterapkan paket kebijakan yakni DeMO (Desa mitra OPD), PSDD (Program Sharing Daerah-Desa), MiPED (Mitra Pengelola Ekonomi Daerah), dan pro-DB (Program Dana Bergulir bagi UMKM & Koperasi).

“empat paket kebijakan ini nantinya bahwa target indikator makro hingga akhir 2024 dengan IPM 66, Laju pertumbuhan ekonomi 6,25%, PDRB 4,5 Milyar, penduduk miskin turun 14% dan pengangguran terbuka 0,5%,” tuturnya.

Wabup terpilih optimis Nias Utara akan lebih maju selangkah kedepan bila semua pihak bergandengan tangan sembari berharap diperlukan tindakan nyata dan kerjasama yang baik.

Sementara itu, Ketua DPRD Nias Utara, Sukanto Waruwu mengapresiasi FGD tersebut sehingga memberi ruang bagi OPD dalam memikirkan dan menelaah lebih jauh Visi-Misi Bupati dan Wabup Nias Utara terpilih.

“demi kemajuan Nias Utara secara umum maka kami sangat mengapresiasi dan mendukung upaya pemerintah kedepan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat,” Tutur Sukanto.

Sukanto berharap agar pembangunan kedepan lebih berkeadilan dengan fokus pada peningkatan perekonomian masyarakat.

FGD tersebut dua orang pemateri yang menelaah 4 paket kebijakan tersebut diantaranya Ketua Tim Pokja RPJMD Yaaman Telaumbanua, MM dan Kepala Bappeda Nias Utara, Bazatulo Zebua, MM.

Yaaman Telaumbanua, MM yang juga sudah 2 periode anggota DPRD NISUT ini menambahkan bahwa acara hari ini adalah tindaklanjut kegiatan Pokja RPJMD dalam rangka memperdalam/mengelaborasi strategi-prinsip pasangan AMAN untuk dapat sama-sama dipahami oleh OPD-OPD teknis khususnya OPD bidang ekonomi. 4 (empat) paket kebijakan Pembangunan Ekonomi Daerah (PED) yang juga ada keterkaitan kesuksesnya dengan perantara OPD PMD, Camat dan Desa. Fokus diskusi ini adalah bagaimana dalam tahap perencanaan saat ini visi, misi dan strategi pelaksanaannya dapat dipahami oleh OPD teknis sehingga sinkron dengan renja yang sedang dibuat dan menjadi materi utama dlm rancangan RPJMD 2021-2026. Jadi FGD hari ini merupakan forum klaster I tidak berfokus pada pembahasan teknis pariwisatanya juga bukan membahas teknis perikanannya tetapi fokus pada sinkronisasi pemahaman kerangka perencanaannya atas gagasan, visi, misi, strategi dan prinsip yang telah ditetapkan oleh kedua org tua kita Bupati/Wakil Bupati terpilih. Pada klaster FGD berikutnya kita akan masuk pada konsepsi teknis pembangunan pariwisata, perikanan, pertanian, dan lainnya. Tetapi itu dilakukan setelah pelantikan dan kepemimpinan ada ditangan pasangan AMAN, tuturnya.

Diskusi tersebut melibatkan berbagai pemangku kepentingan di Nias Utara, hadir Ketua DPRD Sukanto Waruwu, Watua DPRD Noferman Zega, SE Kepala Bappeda, OPD Terkait, Tim Ahli Kabupaten, Dinas PMD, Camat, Kepala Desa, Pendamping Desa dan unsur Profesional profesi Jurnalis.
(Junhar)

Komentar

News Feed