oleh

Wakil Bupati Jeneponto Hadiri Penanaman Pohon Di Kecamatan Tamalatea.

Topikterkini.com-Jeneponto- Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yasir menghadiri kegiatan penanaman pohon yang diselengarakan Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) di Borong Tammatea, Kelurahan Bontotanga, Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto, 5/3/2021.

Kabid Humas Dinas Kominfo Jeneponto, Mansur menjelaskan dalam keterangan tertulisnya, bahwa pohon memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup termasuk manusia, beberapa manfaat pohon bagi kehidupan di antaranya.

1. Manfaat estetis (keindahan)
Pohon memiliki beberapa bentuk tajuk yang khas, sehingga menciptakan keindahan tersendiri.

2. Manfaat Orologis
Akar pohon dan tanah merupakan satu kesatuan yang kuat, sehingga mampu mencegah erosi atau pengikisan tanah

3. Manfaat Hidrologis
Tanaman dapat membantu menyerap air hujan ke tanah.

4. Manfaat Klimatologis
Dengan banyaknya pohon akan menurunkan suhu setempat, sehingga udara sekitarnya akan menjadi sejuk dan nyaman.

5. Manfaat Edaphis
Pohon dapat menjadi tempat hidup satwa.

6. Manfaat Ekologis
Kelompok pohon atau tanaman, air, dan hewan adalah bagian dari alam yang dapat memberikan keseimbangan lingkungan.

7. Manfaat Protektif
Manfaat protektif adalah manfaat pohon sebagai perlindungan, misalnya terhadap terik sinar matahari, angin kencang, penahan debu, serta peredam suara.

8. Manfaat Hygienis
Pohon pada siang hari menghasilkan O2 (oksigen) dan dapat menyerap CO2 (karbondioksida).

9. Manfaat Edukatif
Berbagai jenis pohon yang ditanam dapat dimanfaatkan sebagai tempat belajar mengenal tanaman.

Untuk itu, katanya, Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Jeneponto memulai Langkah mitigasi dengan penanaman pohon yang merupakan salah satu upaya mengurangi emisi karbon.

‘Hal ini dilakukan guna menahan laju kenaikan suhu bumi tidak lebih dari 20 Celcius atau sedapatnya menekan hingga 1,50 Celcius,” jelasnya.

Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yasir, kata Mansur, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh pemuda yang telah menginisiasi kegiatan penanaman pohon tersebut.

“Sekarang bukan lagi saat banyak bicara kita mesti action menunjukkan bahwa kita mampu berbuat untuk daerah kita,” katanya.

Menurutnya, kegiatan penghijauan ini sangat penting di lakukan dan harus menjadi aksi bersama demi kelangsungan anak cucu kita dimasa yang akan datang.

“Daerah kita ini masih terbilang gersang, jika dibandingkan daerah lain di Sulawesi Selatan, karena itu perlu upaya terpadu dalam melakukan kegiatan penghijaun dengan melibatkan seluruh steak holder di daerah ini,” harap Wakil Bupati.

Hadir dalam acara penanaman pohon ini,
Kasi Pidum Kejaksaan Jeneponto, Hary Surachman, Camat Tamalatea, Haeruddin Limpo, Kepala Kelurahan Bontotangnga, Fitrawati, Seklur Bontotangnga & Babinsa Bontotangnga, Tokoh Masyarakat Borong Tammatea, Komunitas/organisasi kepemudaan yang ada di Kecamatan Tamalatea, Bangkala dan Arungkeke.(***) 

Laporan: M. Nasir Ibrahim

Komentar

News Feed