oleh

Kapolsek Totikum Bersama Danpos Totikum Koramil 1308-10/Salakan Hadiri Musrembang RKPD Tingkat Kecamatan

Topikterkini.com.BANGGAI KEPULAUAN – Sehari sebelum dilaksanakan Musrenbang RKPD Kabupaten Banggai Kepulauan pada tingkat Kecamatan, telah dilaksanakan kegiatan Pra Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), dengan melakukan diskusi kelompok tentang program kerja yang diprioritaskan dalam RKPD tahun 2022, jumat (12/03/21).

Seketaris Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan Rusli Moidadi, ST., MP., mewakili Bupati Bangkep memimpin jalannya Musrembang RKPD tingkat Kecamatan Tahun 2022, bertempat di Balai Pelatihan Masyarakat Desa Sambiut, Kecamatan Totikum, Kabupaten Bangkep Provinsi Sulawesi Tengah, sabtu(13/03/21).

Musyawarah Rencana Pembangunan dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Musrenbang RKPD), merupakan forum musyawarah antar stakeholder (pemangku kepentingan) guna membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan Desa/Kelurahan.

Rusli Moidadi saat membacakan sambutan Bupati Bangkep mengatakan, melalui musrenbang ini mari bersama -sama untuk menyatukan tekad, pikiran, dan langkah-langkah untuk membangun Kabupaten Bangkep sekaligus untuk memingkatkan kerja sama yang lebih efektif dalam konteks pembangunan manusia secara komprehensif.

“Di tahun 2020, laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bangkep mengami keterlambatan sebesar 2,98 % yang disebabkan adanya pandemi Covid-19. Tahun 2022 merupakan tahun terakhir RPJMD Kabupaten Bangkep Tahun 2017 – 2022 yang masih terdapat permasalahan yang harus diselesaikan”, Ujar Sekda Bangkep.

Lanjutnya, tahun 2022 Pemda Kabupaten Bangkep mengangkat Tema yaitu “Mengoptimalkan Pengelolaan Potensi Ekonomi Lokal Dalam Meningkatkan Daya Saing dan Kemandirian Menuju Masyarakat Bangkep yang Maju dan Berkeadilan Sejahtera”. Pemerintah terus berupaya mengembangkan infrastruktur strategis diberbagai sektor.

“Bahwa saat ini, APBD kita terbatas, tidak semua dapat dibiayai dari APBD sehingga peran serta masyarakat dalam pembangunan daerah harus ditingkat dan dimaksimalkan. Bahwa kedepannya, pemerintah akan lebih berfokus pada peningkatan produktifitas di Bidang Pertanian, Bidang Perikanan, Bidang Pariwisata, Penyediaan Air Bersih serta yang paling penting adalah Penurunan Angka Stunting dengan tetap menjamin terlaksananya prioritas urusan wajib,” Tutur Rusli Moidadi.

Pada kesempatan yang sama, Camat Totikum H. Irwan Mayang, SH dalam sambutannya mengatakan, usulan yang nantinya akan ditetapkan merupakan usulan yang dapat menambambah pendapatan desa. Kegiatan yang mau diusulkan harus terlebih dahulu di cek untuk memastikan kegiatan yang diusulkan tidak melanggar regulasi yang ada.

Saat ini, di Kantor Kecamatan Totikum sudah terdapat ruang lintas sektor sehingga berkaitan dengan urusan pemerintahan ada dalam satu atap. Berbagai masalah dan kendala yang memungkian dapat terjadi diwilayah Kecamatan Totikum harus kita ketahui bersama, sehingganya dalam proses penanganan masalah, memungkinkan untuk kita selesaikan secara internal melalui forum lintas sektoral di Kecamatan Totikum.

Pada kegiatan itu, tidak ketinggalan juga untuk sejumlah OPD lingkup Pemda Bangkep, yakni memaparkan rencana program yang akan disinkronkan dengan rencana pembangunan tingkat kecamatan. Pleno pada hari itu menghasilkan usulan yang merupakan skala perioritas masing-masing dibidang berupa Kelompok Infrastruktur, Kelompok Sosial Budaya, Kelompok Ekonomi, Kelompok Stunting.

Nantinya usulan rencana pembangunan tingkat kecamatan akan dibawa dan dibahas lagi di tingkat Kabupaten. Untuk Kecamatan Totikum pelaksanaan Musrenbang tingkat Kabupaten Bangkep akan diwakili oleh Sdri. Masria Laadila, Sdr. Suparjo Langka Ali dan Sdri. Musria.

Kapolsek Totikum IPDA Afif Hasibuan bersama Dan Pos Kecamatan Totikum dan Kecamatan Totikum Selatan Koramil 1308-10/Salakan SERMA J. Ferry yang dimintai keterangannya mengatakan, pelaksanaan Musrembang RKPD tingkat Kecamatan di Totikum itu berjalan dengan aman dan lancar.

Pihaknya saling bersinergi menjaga kamtibmas di wilayah itu tetap kondusif, dan selama kegiatan Musrenbang berlangsung, tetap mempedomani protokol kesehatan (Prokes) yang dihadiri sekitar 65 orang peserta musyawarah.

Liputan: Andri/FJ

 

 

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Plt. Sekretaris Bappeda dan Litbang Hermanto Mar’un, SP, MP, Kapolsek Totikum, IPDA Muh. Abdurrahman Afif Hasibuan, Babinsa/Danpos Kecamatan Totikum dan Kecamatan Totikum Selatan Koramil 1308-10/Salakan SERMA J. Ferry, Rombongan OPD (Tim 1 Musrenbang) Kabupaten Bangkep, Staf Kantor Kecamatan Totikum dan para peserta Musrenbang dari perwakilan Pemdes dan Lembaga BPD Desa se-Kecamatan Totikum.

Komentar

News Feed