oleh

PT. Sawindo Cemerlang Langgar Kesepakatan dengan Petani

TOPIKTERKINI.Com,BANGGAI – Perusahaan PT. Sawindo Cemerlang (Scem) diduga telah melanggar kesepakatan bersama dengan petani plasma Batui.

Dugaan pelanggaran kesepakatan itu sebagaimana keluhan petani yang disampaikan ke Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Banggai Selasa (16/3/2021).

Seperti yang disampaikan perwakilan petani Hamdan, yang mana anak perusahaan Kencana Agri itu telah melakukan aktivitas di perkebunan plasma yang masih bersengketa.

“sekitar dua hari lalu perusahaan melakukan panen di kebun milik dua orang petani” kata Hamda ke Kadis TPHP Usman Suni.

Menanggapi keluhan itu Usman Suni sangat menyayangkan kegiatan perusahaan.

“coba badengar sadikit, kemarin sudah ada kesepakatan untuk jangan dulu ada aktifitas” singkat Usman Suni dihadapan sejumlah Humas (legal departemen) Kencana Agri.

Untuk diketahui, rapat pertemuan oleh pihak perusahaan dan perwakilan petani plasma sawit Batui bertempat Dinas TPHP Banggai, pada 4 Maret 202, yang difasilitasi oleh Tim Investigasi Pemda Banggai diketuai Asisten II Setda Bupati Banggai, Alfian Djibran.

Pada papat tersebut terjadi kesepakatan bersama dan melahirkan kesepakatan bersama, salah satu poin kesepakatan itu adalah larangan aktivitas panen buah sawit baik pihak perusahaan Sawindo maupun petani plasma.

Liputan: Amad Labino

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed