oleh

Wapres Ma’ruf Amin Tinjau Perkembangan Pembangunan Bendungan Way Sekampung Pringsewu

Topikterkini.com.Pringsewu – Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin melalukan tinjauan ke Bendungan Way Sekampung Kabupaten Pringsewu pada hari Senin tanggal 22 Maret 2021. Sebelumnya Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin melakukan pemantauan perkembangan Covid-19 di Propinsi Lampung dengan meninjau kegiatan vaksinasi di lingkungan Pemprov Lampung.

Terlihat rombongan yang terdiri dari Kepala BNPB, Doni Monardo, dan Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono juga hadir. Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Forkopimda. yang kemudian disambut dan diterima oleh Bupati Pringsewu H. Sujadi, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung serta dari PT. PP dan PT.Waskita Karya selaku pelaksana proyek pembangunan di Bendungan Way Sekampung yang ada di Kabupaten Prigsewu.

Pembangunan bendungan Way Sekampung merupakan perwujudan ketahanan pangan dan air nasional. Bendungan Way Sekampung yang memiliki kapasitas tampung 68 juta meter³ ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan air baku di Kota Bandar Lampung, Kota Metro, dan Kabupaten Lampung Selatan sebesar 2,48 m³/detik.

Selain itu, bendungan ini akan memberikan pasokan air irigasi seluas 72.707 hektar, dan mereduksi banjir 185 m³/detik serta berpotensi sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) sebesar 5,4 MW. Tahap pembangunan Bendungan Way Sekampung sampai saat ini telah mencapai 92,33% dan ditargetkan selesai Juli 2021.
Untuk kepentingan irigasi pertanian nantinya akan dibuat bendungan-bendungan kecil untuk mengaliri areal persawahan di Kabupaten Pringsewu setelah melalui kajian-kajian yang terstruktur dan komprehensif.

(Red)

Komentar

News Feed