oleh

Kepala Lapas Kelas IIA Watampone Hadiri Pra Matomppang Arajang

TOPIKTERKINI.COM – BONE | Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Watampone, Sudirman Zainuddin hadiri prosesi Pra Matomppang Arajang atau pembersihan benda pusaka di halaman Rumah Jabatan Bupati Bone. 29/03

Prosesi Pra Mattompang Arajang merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari jadi Bone ke 691 yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Mattompang Arajang adalah ritual adat membersihkan benda-benda pusaka peninggalan kerajaan Bone, dimana dalam Ritual adat yang sakral tersebut melibatkan para bissu, pemangku adat Bone, Pejabat Bone, Pejabat Sulsel, yang disaksikan oleh para tamu undangan yang hadir pada hari ini.

Mattompang arajang menjadi salah satu ritual yang ikonik yang menjadi salah satu dari beragam khazanah budaya yang ada di Bumi Arung Palakka.

Perayaan Hari Jadi Bone ( HJB) ke 691 yang digelar dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, sehingga tema yang diusung dalam HJB tahun ini yakni ” Yatutu Yaupe, Yacapa Yacilaka yang bermakna keberuntungan menjadi milik mereka yang senantiasa waspada dan kemalangan akan menimpa siapapun yang gegabah.

Pada kesempatan ini Sudirman Zainuddin nampak mengenakan setelan adat tradisional bugis yakni ‘jas tutu’, beserta ‘lipa sabbe atau ‘lipa garusuk’, lengkap dengan songkok to Bone atau ‘songkok recca’ yang dikenakan di kepala.

Selamat hari jadi Bone, Semoga Bone Makin jaya kedepan dan yang tak kalah penting pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Harap Sudirman usai pelaksanaan ritual Mattompang.

Laporan: Ani Hammer

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed