oleh

Ledakan Bom Bunuh diri di kota Somalia menewaskan sedikitnya 4 orang

TOPIKTERKINI.COM – MOGADISHU: Seorang pelaku bom bunuh diri meledakkan bahan peledaknya di luar sebuah kafe di kota Baidoa Somalia pada Sabtu, menewaskan sedikitnya empat orang dan melukai lebih dari enam lainnya, kata polisi.

Pembom itu menargetkan gubernur wilayah Teluk, Ali Wardhere, yang berada di luar Kafetaria Suez, para pejabat melaporkan. Gubernur lolos dari ledakan tanpa cedera, menurut kantor berita resmi pemerintah, SONNA, yang melaporkan bahwa setidaknya dua pengawalnya, yang juga polisi, termasuk di antara yang terluka.

“Ledakan yang terdengar di sekitar kota Baidoa telah meneror masyarakat dan sempat menimbulkan kebingungan sesaat,” kata Amin Maddey, yang menyaksikan ledakan tersebut dan berbicara kepada The Associated Press melalui telepon.

Kelompok terkait Al-Qaeda, Al-Shabab, telah mengklaim bertanggung jawab melalui laporan yang mereka terbitkan di situs web dan radio Andalus yang mengadvokasi kampanye ekstremis mereka.

“Targetnya adalah konvoi yang mendampingi Pak Ali Wardhere, gubernur wilayah Bay, yang terkena pukulan keras,” kata pernyataan Al-Shabab, “tiga pengawal Ali Wardhere tewas dalam serangan itu dan targetnya adalah Ali Wardhere sendiri. terluka, “tambah pernyataan itu.

Polisi telah menutup area untuk penyelidikan karena banyak penonton berkumpul di sekitar untuk memeriksa apakah anggota keluarga atau teman mereka termasuk di antara para korban.

Sementara itu, ledakan lain meledak di distrik Huriwa di Mogadishu Sabtu, menewaskan seorang tentara pemerintah dan melukai seorang pengamat, kata polisi.

Tidak diketahui apakah dua ledakan di Baidoa dan Mogadishu itu terkait. Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas pemboman di Mogadishu.

Orang-orang Somalia melihat kemunduran keamanan yang besar karena para pemimpin tetap berada dalam kebuntuan atas situasi politik setelah pemilihan umum ditunda awal tahun ini.

“Pertemuan antara pemerintah federal dan negara anggota federal telah berakhir dengan kegagalan total,” kata Menteri Penerangan, Osman Abokor Dubbe, yang menyalahkan kedua pemimpin Puntland dan Jubbaland atas kegagalan itu.

Namun, baik pemimpin Puntland dan Jubbaland membantah laporan pertemuan yang gagal.

Ada kekhawatiran bahwa kelompok yang terkait dengan Al-Qaeda akan menjadi berani oleh krisis politik Somalia saat ini karena Presiden Mohamed Abdullahi Mohamed berada di bawah tekanan untuk menyingkir. – AN

Editor: Erank

Komentar

News Feed