oleh

Karang Taruna Rilau Ale Evaluasi Kinerja Dinsos Bulukumba Mengenai Pelayanan Penderita Disabilitas

TOPIKTERKINI.COM – BULUKUMBA | Karang Taruna (KT) Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba minta Kejelasan Dinas Sosial Kabupaten Bulukumba Mengenai Penanganan dan Pelayanan terhadap Anak Penyandang Disabilitas penyakit Higrona Colli yang bertempat di Dusun Barana, Desa Bontolohe, Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bulukumba Syarifuddin saat ditemui di kantornya di Jl. Serikaya Bulukumba membenarkan adanya pasien penyandang disabilitas yang ditangani bawahannya.

” hari itu memang ada anak-anak yang sama orang tuanya dan sempat juga saya foto bersama sebelum diatar ke Makassar,” ucabnya. Selasa (13/04/2021)

Lebih lanjut Syarifuddin menyampaikan soal pelayanan yang diberikan terhadap pasien hanyalah memfasilitasi kendaraan untuk membawa ke makassar.

” Dinas sosial memang hanya memfasilitasi kendaraan untuk diantar ke Makassar dan rumah untuk dia tempati selama proses penyembuhannya. untuk lebih jelasnya hubungi H Sudirman karena dia yang urus itu pasien,” tutupnya.

Selepas bercerita bersama Pak kadis kami lansung mencari ruangan H Sudirman
Kepala bidang Rehabilatasi Sosial namun yang kami temui hanyalah beberapa orang staf yang tidak kami ketahui namanya

” Bapak H Sudirman belum masuk kantor. kita tunggumi dulu, saya telfonkan ki juga dan bicara lansung maki kalau ada urusanta,” bebernya.

Setelah menunggu hingga satu jam lebih H sudirman tidak kunjung ada. dengan tenggorokan yang mulai mengering kita akhirnya memutuskan untuk pulang dan mencoba berkomunikasi melalui telfon.

masih dihari yang sama kami berkomunikasi melalui panggilan WA, meminta kejelasan pelayanan dari Dinas Sosial untuk Aqilah. Hal yang sama disampaikan H Sudirman mengenai Fasilitas yang diberikan hanyalah kendaraan sampai ke Makassar kemudian dititip di rumah singgah.

Senin 5 April 2021 Aqilah dibawah ke Makassar bersama orang tuanya kemudian dititip dirumah singgah Harapan.

Orang tua Aqilah merasa tidak ada kordinasi, evaluasi serta pemantauan dari Dinsos Bulukumba hingga hari ini.

” saya sendiri yang mengurus semuanya, Dinsos hanya mengantar kerumah singgah harapan Makassar setelah itu pulang,” ucabnya melalui Chat Aplikasi WA.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Rilau ale Mattuppuang merasa hal ini adalah bentuk menelantaran yang dilakukan Dinas sosial terhadap penyandang disabilitas.

” bagaimana penangan dinas sosial setelah diantar ke Makassar itu yang ingin kita tau sebagai pemuda Rilau Ale. Karena kasarnya ini pasien sebenarnya sudah dibuang. Dia diantar saja turun tanpa ada bekal untuk pasien ini,” ucapnya.

Ketua yang kerab disapah Topu ini juga menyampaikan mengenai tindakan yang dilakukan dinas sosial harusnya terlebih dahulu mengetahui kesiapan orang tua pasien atau dinas sosail punya persiapan untuk kebutuhan sehari hari selama di Makassar.

Penulis : A. Resky Satrio

Komentar

News Feed