oleh

Humas Karang Taruna Rilau Ale Pertanyakan Kemana dan Berapa Jumlah Penyandang Disabilitas di Bulukumba

TOPIKTERKINI.COM – BULUKUMBA | Humas Karang Taruna Rilau Ale kembali mempertanyakan kemanakah penyandang disabilitas dan berapa jumlah  penyandang disabilitas di Kabupaten Bulukumba Senin, (19/4/2021)

Selain itu, Kami juga mempertanyakan soal  pemberian Hak untuk  mendapatkan pendidikan? Dan Hak memperoleh pekerjaan yang layak untuk penyandang disabilitas?

“Yang pastinya saya hanya mengacu dengan ketentuan undang-undang (UU) Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas Pasal 10 Tentang pemenuhan Hak Pendidikan dan Pasal 11 tentang Pemenuhan Hak Pekerjaan, kewirausahaan, dan Koperasi,” ucapnya.

Tak hanya itu Dia menegaskan bahwa selain UU Nomor 8 tahun 2016. Pemerintah Daerah  Kabupaten Bulukumba teleh menetapkan Peraturan Daerah (PERDA) Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Pelayanan Penyandang Disabilitas.

“Saya berharap dengan lahirnya Hukum yang telah dibuat dan penerapan Hukum yang telah ditetapkan Pemerintah mestinya telah terealisasikan hingga hari ini,” tambahnya.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Bulukumba A. Sudirman saat ditemui diruang kerjanya  dengan maksud untuk dikonfirmasi, akan tetapi kepala bidang  sedang berada diluar kantor ucap salah seorang  pegawai yang ditemui ruangannya.

“Biasanya pak haji  siang-siangpi baru masuk sesudah Duhur. Karena kebiasaannya memang jam begitupi baru ada,” bebernya.

Lanjut perbincangan dengan salah satu pegawai diruang kepala bidang Rehsos dengan  mempertanyakan berapa jumlah penyandang Disabilitas hingga tahun 2021

“Secara keseluruhan penyandang disabilitas kurang lebih 500 orang dan sudah termasuk semua empat kategori penyandang disabilitas,” tutupnya.

Ada Empat ragam penyandang disabilitas diantaranya yang dimaksud
1. Disabilitas Fisik antara lain amputasi, lumpuh layu atau kaku, paraplegi, cerebral palsy (CP), lumpuh akibat stroke, difabel akibat kusta, dan lainnya.
2. Disabilitas intelektual antara lain Down Syndrome, Cretinisme/Stanted, Microcephali, Macrocephali, Schapochepali, dan penyandang intelektual lain.
3. Disabilitas Mental antara lain Skizofrenia, Demensia, Afektif Bipolar, Retardasi Mental, dan lainnya
4. dan Disabilitas Sensorik Antara lain Netra, Disabilitas Rungu, dan Disabilitas Wicara

Lebih lanjut disampaikan Terkhusus di Kecamatan Rilau Ale tidak diketahui berapa jumlah penyandang disabilitas.

Penulis akhirnya berfikir, Jelas saja hingga hari ini pelayanan dan penangan dinsos Bulukumba terhadap kasus penyandang disabilitas masih menuai banyak polemik di masyarakat. Pasalnya dinsos tidak memiliki data yang falid mengenai berapa jumlah penyandang disabilitas di Bulukumba.

Belum lagi pemberian hak mendapatkan pendidikan dan hak memperoleh pekerjaan yang layak. Sangat disayangkan sebuah Hukum yang telah ditetapkan dan instansi pemerintahan yang bertanggung jawab tidak menerapkan apa yang menjadi hak masyarakat penyandang disabilitas.

Penulis : A. Resky Satrio

Komentar

News Feed