oleh

Bawaslu Buka Pendaftaran Kader Pengawas Pemilu

Topikterkini.com.Buol – Kesempatan untuk Mempelajari Pemilu dibuka oleh Bawaslu RI termasuk di Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah. Bawaslu membuka pendaftaran kader pengawas pemilu.

Pendaftaran dibuka sejak 24 Mei hingga 28 Mei 2021 melalui online. Selanjutnya peserta yang lolos seleksi akan mengikuti Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) pada bulan Juni-Oktober 2021.

Koordinator Divisi pengawasan Bawaslu Buol Sumarlin, S.Sos mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan kedua yang dilakukan Bawaslu Republik Indonesia secara nasional setelah kegiatan serupa di tahun 2020.

“Materi-materi kepemiluan akan di isi secara langsung oleh Bawaslu Republik Indonesia dan pakar kepemiluan nasional termasuk dari pemateri di tingkat provinsi,” ujarnya.

Sumarlin menambahkan kegiatan ini dimaksudkan agar fungsi-fungsi pengawasan Pemilu nantinya dapat dilakukan tidak hanya oleh Bawaslu pada 2024, namun juga oleh pengawas pengawas partisipatif yang sudah mengikuti sekolah kader pengawas ini.

Kabupaten Buol merupakan satu diantara 13 kabupaten kota di Sulawesi Tengah yang ditunjuk melaksanakan pembukaan program tersebut.

Syarat pendaftaran bagi bagi calon calon peserta adalah berusia 20 hingga 30 tahun. Syarat pendaftaran lainnya, peserta minimal berpendidikan SMA/SMK. Diutamakan aktif di organisasi kemasyarakatan.

Pendaftar bukan anggota partai politik dan tidak pernah menjadi penyelenggara Pemilu, termasuk belum pernah mengikuti program serupa sebelumnya.

“Calon peserta juga tidak pernah menjadi tim sukses pasangan calon dalam pelaksanaan Pilkada maupun Pemilu,” ujar Yon.

Untuk alamat pendaftaran selengkapnya dapat diakses secara langsung di alamat situs skpp.bawaslu.go.id/registrasi.

(Husni Sese)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed