oleh

Anggota MPR RI Ajiep Padindang Laksanakan Sosialisasi Empat Pilar di Kota Makassar

Topikterkini.com-Makassar – Anggota MPR RI Dr.H.Ajiep Padindang, SE.,MM., kembali melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dengan segmen Penyuluh dan Kader Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Makassar dan Kecamatan Mariso Kota Makassar.

Sosialisasi dilaksanakan di Warkop Bahagia Jl. Cendrawasih Kota Makassar (11/6/2021), dihadiri oleh Ketua Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPKB) Kota Makassar Rahmatsyah, SKM, M.Kes.

Materi sosialisasi yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Sosialisasi yang diikuti 150 orang peserta menerapkan standar protokol kesehatan.

Menurut Ajiep Padindang, Sosialisasi Empat Pilar MPR RI merupakan Program MPR RI untuk memasyarakatkan nilai-nilai kebangsaan. Hal itu diungkapkan dalam pengantar sebelum membuka acara sosialisasi secara resmi.

Anggota MPR RI yang bergelar Doktor tersebut, kembali mengingatkan, bahwa Pandemi Covid-19 belum berakhir dan saat ini telah muncul varian baru.

“Karenanya, kita harus tetap waspada dengan mematuhi standar protokol kesehatan Covid-19”, imbau Ajiep Padindang.

Dihadapan peserta saat penyajian materinya, Ajiep Padindang, yang juga sebagai Anggota DPD RI di periode keduanya ini mengulas satu persatu materi Empat Pilar MPR RI yakni; Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara, NKRI sebagai bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara.
Sila Pertama Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa, artinya Warga Negara Indonesia harus ber-Tuhan.

“Orang Indonesia harus ber-Tuhan, tidak ada tempat bagi orang yang tidak ber-Tuhan di Negara ini, apa pun agamanya yang diakui negara,” sambung Ajiep Padidang.

Pandemi-Covid-19 telah menguji berbagai aspek kehidupan masyarakat. Yang pertama diuji adalah, lanjut Ajiep Padidang,

“Aspek keber-agama-an kita. Kita harus menyadari bahwa Tuhan yang yang Maha Kuasa yang menentukan segalanya, karenanya kita harus lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT.” urai Ajiep menambahkan.

Demikian pula, kata Ajiep, sila kedua sampai sila kelima Pancasila yakni nilai-nilai kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan sosial. Nilai-nilai tersebut yang dalam bahasa Makassar Siri na Pacce yakni rasa solidaritas sosial kita diuji di era pandemi ini.

Setelah penyajian materi oleh Anggota MPR RI, acara dilanjutkan tanya jawab dan diskusi. Kesempatan tersebut disambut baik oleh peserta sosialisasi dengan mengajukan beberapa pertanyaan, yang selanjutnya semua pertanyaan tersebut dijawab oleh Anggota MPR RI Ajiep Padindang.

Sebelum menutup Sosialisasi Empat Pilar, Anggota MPR RI Dr.H.Ajiep Padindang,SE.MM. menyampaikan bahwa pengendalian penduduk harus terus dilakukan karena bermuara kepada kesejahteraan masyarakat.

Laporan: Rachim Kallo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed