oleh

Bupati: Lima Prioritas Arah dan  Sasaran Pembangunan di Kabupaten Tolitoli

Topikterkini.com.Tolitoli – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang-RPJMD) Kabupaten Tolitoli tahun 2021-2026, digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Tolitoli dan dibuka secara resmi oleh Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya pada kamis pagi (10/7) di Aula Hotel Bumi Harapan Tolitoli.

Pembangunan jangka menengah di Kabupaten Tolitoli direncanakan akan menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang mendesak di antaranya, reformasi birokasi dan pelayanan publik bagi masyarakat, pembangunan infrastruktur dasar: kualitas cakupan layanan pendidikan dan kesehatan: kesejahteraan sosial, penurunan angka kemiskinan dan tingkat pengangguran: pembangunan ekonomi dan pengembangan sektor pertanian, perikanan serta sektor pariwisata; daya tampung, daya lingkungan hidup dan mitigasi bencana serta pemulihan ekonomi pasca penyebaran pandemi Covid-19.

Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya, saat membuka pelaksanaan Musrenbang RPJMD tersebut menjelaskan, penyelesaian permasalahan pokok pada periode tahun 2021-2024 bertujuan mewujudkan peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, perluasan kesempatan kerja, penurunan angka kemiskinan, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik serta peningkatan kualitas hidup manusia, sehingga dalam penyelesaian permasalahan pokok tersebut, pemerintah daerah merencanakannya setiap tahun sesuai dengan tingkat prioritas permasalahan.

Hal tersebut menurut Bupati merupakan penjabaran dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli yakni terwujudnya Masyarakat Kabupaten Tolitoli yang sejahtera dan mandiri melalui pemerintahan yang amanah, responsif dan merakyat.

Terdapat lima arah dan sasaran pembangunan sebagai upaya menyelesaikan permasalahan yang dihadapi saat ini yaitu Tolitoli maju melalui pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, sumber daya manusia dan kemandirian ekonomi; Tolitoli zero pengangguran, melalui investasi yang lebih mudah dan kepariwisataan secara komprehensif dan terpadu; Tolitoli sejahtera, melalui gerakan seribu usaha mikro kecil dan menengah serta pemberdayaan kaum milenial; Tolitoli Adipura, melalui penataan kota, kawasan kumuh dan kawasan ruang terbuka hijau (RTH) pesisir pantai serta pelibatan masyarakat dalam bentuk gotong royong dalam penanganan sampah dan bencana banjir; serta birokrasi sebagai pelayan, melalui reformasi birokrasi khususnya yang berkaitan dengan perangkat daerah pelayanan.

Olehnya itu Bupati Amran Hi. Yahya berharap melalui Musrenbang RPJMD ini, dapat diprioritaskan pembangunan yang betul-betul mengarah pada kepentingan masyarakat sehingga anggaran yang keluarkan dapat digunakan secara efektif dan efisien serta tepat sasaran.

Musrenbang RPJMD yang berlangsung sehari itu juga ditutup oleh Bupati dihadiri Sekertaris Daerah Kabupaten Tolitoli Moh. Asrul Bantilan, S.Sos, Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah Moh. Rifan Burase, SE.,M.Si, Pimpinan Perangkat Daerah, seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa Se Kabupaten Tolitoli.

Laporan: Andi Iswana

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed