oleh

Bupati Tolitoli: Bertekad Memberdayakan Koperasi dan Wirausaha Baru

Topikterkini.com.Tolitoli –Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Tolitoli melaksanakan pelatihan kewirausahaan bagi 58 orang pelaku usaha kecil dan menengah yang berasal dari sentra UMKM dan pengurus Koperasi Simpan Pinjam (KSP) dan Usaha Simpan Pinjam (USP) yang tersebar di 10 Kecamatan se Kabupaten Tolitoli.

Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari itu, dibuka secara resmi oleh Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya pada selasa siang (15/6) di Auditorium Hotel Mitra Utama Tolitoli.

Bupati Amran Hi. Yahya saat menyampaikan arahannya mengatakan, keterbatasan dana untuk modal kerja atau investasi, telah menyebabkan Koperasi dan UMKM sulit untuk meningkatkan kapasitas usahanya. Untuk itu dirinya selaku Kepala Daerah akan berupaya keras dengan mengambil langkah-langkah kebijakan untuk memberdayakan koperasi dan menumbuhkembangkan wirausaha baru di samping kegiatan kegiatan usaha lainnya dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan sesuai dengan arah kebijakan Pemerintah Daerah yang tertuang dalam misi Kabupaten Tolitoli yaitu menciptakan kemandirian ekonomi desa dan penguatan usaha mikro kecil dan menengah sebagai pilar pembangunan daerah serta menciptakan iklim usaha dan investasi yang lebih mudah dan cepat.

Amran Hi. Yahya juga mengatakan, salah satu dari 5 arah dan sasaran pembangunan yang akan digalakkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Tolitoli adalah terwujudnya masyarakat Kabupaten Tolitoli yang sejahtera melalui gerakan 1000 UMKM dan pemberdayaan kaum milenial. Untuk itu Bupati Tolitoli berharap kepada Dinas Koperasi UMKM serta seluruh Camat se Kabupaten Tolitoli, agar senantiasa melakukan pendampingan bagi koperasi maupun UMKM yang ada di wilayahnya masing-masing terutama dari sisi pengembangan usaha maupun dari sisi manajemen usaha.

Acara pembukaan pelatihan itu turut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tolitoli Ny. Sriyanti Amran Dg. Parebba serta Kepala Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Tolitoli Srie Lesminingsih, SE.,M.Si.
Laporan: Andi Iswana

Komentar

News Feed