oleh

Pentaque SMAGA Club Akan Terbentuk

Topikterkini.com-Makassar | Pentaque merupakan permainan tradisional yang berasal dari Negara Perancis, sekitar abad ke-6 SM dan pertaman dimainkan pada tahun 1907, sehingga tahun 1958 dikembangkan sebagai cabang olahraga prestasi permainan tradisional, dibuatkan standar dan dibuatkan aturan baku yang berlaku universal. Sementara di Indonesia belum tahu persisnya kapan, sekalipun Eddie Lim asal Singapura yang memperkenalkan ketika tahun 1990 di Ancol-Jakarta. Pada tanggal 11 Maret 2011 terbentuk Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) beriringan masuknya Pentaque Sea Games 2011 di Palembang.

Hal itu terungkap saat diskusi “petanque” di Warkop Megazone, Senin (28/06/2021) bersama Drs. H. Burhamzah dari Dewan Pakar Ika Smaga Makassar Periode 2021 – 2025, Dr. Rivai Mana, M.Si – Akademisi dan Alumni Smaga 1984, Muh. Syahrul Syamsuddin, S.Pd., M.Pd – Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan UNM dan Alumni Smaga 2004 dan Rachim Kallo – Alumni Smaga 1985 – Jurnalis/Penulis.

Dari diskusi itu, dicetuskan pembentukan Pentaque Smaga Club (PSC) Makassar. Menurut Burhamzah selaku pencetus yang kini aktif sebagai Dewan Pertimbangan DPW Partai Berkarya Sulsel mengatakan, olahraga ini sangat pas untuk di masukkan sebagai bagian Ika Smaga Makassar karena induk organisasi, dan PSC sendiri dalam aktifitasnya sebagai badan otonom.

Sementara Muh. Syahrul Syamsuddin sebelumnya menjelaskan pentaque sudah mulai banyak diminati oleh warga Kota Makassar, baik secara individu maupun kelompok.

“Di Fopi Kota Makassar hingga saat ini sudah 11 organisasi yang secara resmi dibentuk dan terdaftar di induk federasi. Jadi kalau PSC terbentu dalam waktu dekat, maka club yang ke 12 dibawa naungan Fopi Kota Makassar,” kata Syahrul yang juga Pengurus Fopi Sulsel.

Dr. Rivai Mana, M.Si menyambut baik PSC yang akan terbentuk. Sekalipun olahraga ini terbilang baru, tapi cukup menarik untuk menjadikan olahraga ke lingkup Ikatan Alumni SMAN 3 Makassar.

“Setelah terbentuk PSC, saya akan sosialisasi ke sekolah SMAN 3 Makassar (khususnya guru olahraga) sebagai bagian kurikulum olahraga buat di SMAN 3, dan insyaalah akan lahir atlit-atlit dari adiki-adik yang masih menempuh pendidikan, Kalau perlu guru olahraga kita masukkan sebagai pengurus PSC”, ucap Rivai – ketua alumni Smaga 1984.

Menjelang sore berbarengan pengunjung warkop semakin dipadati pengunjung, diskusi pembentukan PSC menyepakati pembentukan struktur organisasi yang terdiri dari Pelindung Ketua Umum Ika Smaga Makassar (Arif Manyinggari), Penasehat Drs. H, Biurhamzah dan Ishak Zulkarnain, SH, Ketua Dr. Rivai Mana, M.Si, Sekretaris Rachim Kallo, Bendahara Nurkhadijah (alumni smaga 1986), serta Seksi Organisasi dan Humas Rinal Mallombasang, Seksi kepelatihan dan wasit Muh. Syahrul Syamsuddin, S.Pd., M.Pd. Sementara seksi lainnya akan dibicarakan dalam waktu dekat. Seiring latihan dan sosialisasi pentaque yang akan dilaksanakan setiap hari jumat – pukul 16.00 di Lapangan Fakultas Ilmu Keolahragaan UNM Jl. Banta-bantaeng Makassar.

Laporan: Rachim Kallo

Komentar

News Feed