oleh

Pesawat militer Filipina jatuh tewaskan sedikitnya 17 orang

TOPIKTERKINI.COM – MANILA: Sebuah pesawat angkatan udara Filipina C-130 yang membawa pasukan jatuh di provinsi selatan setelah kehilangan landasan pacu pada Minggu, menewaskan sedikitnya 17 personel militer sementara sedikitnya 40 diselamatkan dari reruntuhan yang terbakar, kata para pejabat.

Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana mengatakan upaya penyelamatan sedang berlangsung. Dia mengatakan pesawat itu memiliki 92 orang di dalamnya, termasuk tiga pilot dan lima awak. Sisanya adalah personel militer.

Lockheed C-130 Hercules adalah salah satu dari dua pesawat bekas Angkatan Udara AS yang diserahkan ke Filipina sebagai bagian dari bantuan militer tahun ini. Pesawat itu jatuh saat mendarat sesaat sebelum tengah hari Minggu di desa Bangkal di kota pegunungan Patikul di provinsi Sulu, kata Kepala Staf Jenderal Cirilito Sobejana.

Pesawat itu mengangkut pasukan dari selatan kota Cagayan de Oro, kata Sobejana. Pasukan pemerintah telah memerangi gerilyawan Abu Sayyaf di provinsi Sulu yang berpenduduk mayoritas Muslim selama beberapa dekade. Tidak segera jelas apa yang menyebabkan kecelakaan itu.

“Sangat disayangkan,” kata Sobejana kepada wartawan. “Pesawat itu meleset dari landasan pacu dan berusaha mendapatkan kembali tenaganya tetapi gagal dan jatuh.”

Sobejana mengatakan setidaknya 40 orang di dalamnya dibawa ke rumah sakit dan pasukan berusaha menyelamatkan sisanya.

Telah hujan di Filipina tengah tetapi tidak segera jelas apakah cuaca di wilayah Sulu telah terpengaruh. Bandara di kota utama Sulu, Jolo, terletak beberapa kilometer (mil) dari daerah pegunungan tempat pasukan memerangi Abu Sayyaf. Beberapa militan telah bersekutu dengan kelompok Daesh.

Amerika Serikat dan Filipina secara terpisah memasukkan Abu Sayyaf ke dalam daftar hitam sebagai organisasi teroris untuk pemboman, penculikan dengan uang tebusan, dan pemenggalan kepala. Ini telah sangat dilemahkan oleh serangan pemerintah selama bertahun-tahun tetapi tetap menjadi ancaman. – AN

Editor: Erank

Komentar

News Feed