oleh

Gelar Seminar Kebangsaan, Ajiep Padindang Bahas Toleransi di Pesantren Darul I’Tihsam Jeneponto

TOPIKTERKINI.COM – JENEPONTO: Indonesia sebagai Negara yang plural karena terdiri dari berbagai suku, agama, bahasa, dan adat-istiadat. Karenanya, dibutuhkan sikap toleransi dari masyarakatnya untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Untuk mencapai maksud agar tetap menjaga sikap toleransi, Anggota MPR RI Dr.H.Ajiep Padindang, SE.,MM., melaksanakan Seminar Empat Pilar Kebangsaan MPR RI dengan mengangkat Tema “Membangun Sumber Daya Insani Yang Toleran Terhadap Pluralisme di Indonesia”.

Gelar Seminar Kebangsaan, Ajiep Padindang Bahas Toleransi di Pesantren Darul I'Tihsam JenepontoSeminar berlangsung di Pesantren Darul I’Tihsam Kab. Jeneponto, (10/08/2021), selain Anggota MPR RI, Seminar ini juga dihadiri Dr. H. Munawir KS, MA., Pimpinan Yayasan Pendidikan Al-Mutammim Pesantren Darul I,Tihsam sebagai narasumber kedua. Peserta seminar yang berjumlah kurang lebih 150 orang berasal dari unsur yayasan, tenaga penganjar, dan santri Pesantren Darul I,Tihsam, dengan menerapkan standar protokol kesehatan.

Dr.H.Ajiep Padindang, SE.,MM., terlebih dahulu mengulas Materi Empat Pilar Kebangsaan MPR RI kemudian dilanjutkan dengan materi Membangun Sumber Daya Insani Yang Toleran Terhadap Pluralisme di Indonesia.

Ditengah-tengah penyajian materi, Ajiep Padindang juga tak lupa mengingatkan bahwa Pandemi Covid-19 belum berakhir dan kini muncul varian baru, karenanya, Ajiep menghimbau peserta seminar untuk selalu mematuhi protokol kesehatan covid-19.

Dalam hal toleransi, Anggota MPR RI dari Unsur Kelompok DPD RI menyampaikan, Islam adalah agama rahmat bagi seluruh alam. Bukan hanya untuk umatnya saja, Islam juga memberikan kedamaian bagi pemeluk agama lain.

“Oleh sebab itu Islam juga dinamakan dengan Islam rahmatan lil ‘alamin”, kata Anggota MPR RI bergelar Doktor.

Sementara itu Munawir KS, banyak mengulas makna sumber daya insani, pluralisme, dan toleransi dalam perspektif Islam. Munawir mengutip beberapa ayat Al-Qur,an dan Hadist Nabi Muhammad SAW dalam penyajian materinya.

Seminar Kebangsaan ini juga diisi dengan tanya jawab dan diskusi yang disambut antusias oleh peserta dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang selanjutnya dijawab oleh narasumber. Sebelum menutup seminar, Anggota MPR RI Ajiep Padindang yang juga pernah menjabat Anggota DPRD Sulsel empat periode menyerahkan bantuan Al-Qur,an dan sertifikat kepada narasumber dan peserta.

Laporan: Rachim Kallo

Komentar

News Feed