oleh

KKN Tematik Unram, Sosialisasi Pentingnya Menjaga Warisan Budaya Lokal Desa Pringgasela Menenun

Topikterkini.Com. Lombok Timur—Kelompok KKN Tematik Unram di Desa Pringgasela, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pentingnya menjaga warisan budaya lokal dengan tema “Tetap Menenun Untuk Keberlangsungan Tenun Pringgasela”.

Kegiatan sosialisasi ini digelar di Aula Kantor Desa Pringgasela dan diikuti oleh ibu-ibu penenun Desa Pringgasela serta Kepala Desa yang juga turut hadir dalam kegiatan sosialisasi kali ini, Kamis, 15/07/2021

Lebih membanggakan lagi kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur  Dr. H. Mugni, SS., M.Pd. sekaligus menjadi pemateri pada kegiatan sosialisasi ini.

Tujuan nya untuk memberikan pengetahuan tentang manfaat menjaga warisan budaya lokal.

Adanya tenun autentik Desa Pringgasela sebagai ciri khas Desa Pringgasela itu sendiri.

Kegiatan sosialisasi ini disesuaikan dengan tema KKN Tematik Unram Desa Pringgasela yakni Pariwisata dan Lingkungan dengan konsen terhadap pariwisata budaya yang dimana Desa Pringgasela sangat khas dengan tenunnya.

Materi yang berkaitan dengan pariwisata budaya demi terwujudnya salah satu tujuan dari KKN Unram di Desa Pringgasela yakni memberikan pengetahuan tentang bagaimana menjaga warisan budaya lokal.

Selain memberikan pengetahuan kepada Penenun kegiatan sosialisasi ini juga menjelaskan bagaimana cara menjaga warisan budaya lokal agar tetap kukuh.

Pera penenun juga menyampaikan aspirasi nya di  acara diskusi tersebut kepada Dinas Pariwisata Lombok Timur  terkait dengan banyak nya masalah yang penenun yang belum di atasi seperti kekurangan bahan untuk pewarnaan alami pada benang tenun, bahan-bahan tenu, dan pelatihan-pelatihan terkait seperti digital marketing dan kelas bahasa inggris.

Di tengah-tengah penyampaian materi yang berlangsung, Kadispar Lotim. H. Mugni lebih banyak berdiskusi dengan ibu-ibu penenun terkait kondisi tenun pada saat ini sehingga banyak keluhan yang diberikan oleh ibu-ibu penenun.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Tematik Unram Desa Pringgasela ini,” Ujar, Kadis Pariwisata Lombok Timur Dr. H. Mugni, SS.,M.Pd., Senin, 19/07/2021.

“Sebagai Ketua IKA Unram Lotim saya memiliki tanggung jawaban untuk mensukseskan setiap KKN yang ada di Kabupaten Lombok Timur”, Ucap, Mugni.

  “Slide yang saya buat ini, sebagai laporan untuk teman-teman KKN, ibu-ibu penenun cukup kita ngobrol saja dan diskusi panjang lebar terkait masalah yang timbul pada saat ini”, Jelas, Mugni.

“Adanya beberapa kendala para penenun yang belum teratasi kita akan tampung dan kita akan berusaha untuk memfasilitasi nya, ” Kata, Mugni.

Kegiatan seperti ini dilakukan semata-mata hanya ingin memberikan pengetahuan serta solusi-solusi terhadap permasalahan yang ditimbul pada kelompok penenun Desa Pringgasela.

Liputan: RiL

Komentar

News Feed