oleh

Warisan yang Terbaik By: Bang H. Ozil

Assalamualaikum, sahabat ku dan saudara ku yang di muliakan oleh Allah subuhul khaoir semoga kita smua selalu dlm lindungan Allah dan selalu mendapat kan syafaat nya rosulullah Aamiiin…

Saudara ku udah bisa apa kah anak kita dalam ilmu agama sudah bisa mengaji Al qur’an atau mungkin sudah bisa mengaji kitab” kuning..?
Jagan hanya bekali anak kita dengan ilmu duniawi sebab ilmu agama jauh lebih penting untuk menuju ridho Allah,
Bukan harta dan kekayaan semata warisan yang terbaik untuk anak kita,sebab harta akan bisa sirna namun bila mana ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas terutama ilmu agama itu lah warisan paling berharga dalam bumi ini. Sebagaimana yang telah diriwayatkan dalam hadis Abu Dawud berikut ini:

وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ وَإِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الأَنْبِيَاءِ وَإِنَّ الأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلاَ دِرْهَمًا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ

Artinya:

Keutamaan orang berilmu di atas ahli ibadah bagaikan keutamaan bulan purnama atas seluruh bintang-bintang. Sesungguhnya ulama itu adalah pewaris para nabi. Para Nabi tidaklah mewariskan dirham dan dinar, akan tetapi mereka mewarisi ilmu. Maka barang siapa yang mengambilnya, sungguh dia telah mengambil keberuntungan yang besar. (HR. Abu Dawud. Dinilai sahih oleh Syaikh Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Abu Dawud  no. 3641)

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya:

Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim. (HR. Ibnu Majah no. 224)

Menjadi sumber pahala dan kebajikan
Dalam Islam, kita semua dipermudah dalam mengumpulkan pahala serta kebajikan. Selain dengan menaati segala perintah Allah SWT, menuntut ilmu menjadi keutamaan yang membuat kita menjadi lebih bertakwa kepada Allah SWT.
Sebagaimana tertulis dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muslim berikut ini:

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًايَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا,سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا إِلَى الجَنَّةِ . رَوَاهُ مُسْلِم

Artinya:

Barang siapa menempuh satu jalan (cara) untuk mendapatkan ilmu, maka Allah pasti memudahkan baginya jalan menuju surga.

Ilmu merupakan usaha kita untuk menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan yang terjadi di alam manusia. Jika seseorang yang ingin berilmu maka perlu memiliki pengetahuan. Ilmu merupakan suatu pengetahuan yang disusun secara bersistem. Ilmu adalah hasil proses berfikir yang diperoleh dari sekitar pengalaman untuk dijadikan objek penelitian dan dapat diakui dan di yakini kebenarannya, sekarang banyak anak yang mengejar ilmu duniawi lupa dengan ilmu agama.
Terimakasih wassalam bila mana ada kesalahan itu bentuk kebodohan dan kefakiran kami namun bila mana ada kebenaran itu semata milik Allah.

Komentar

News Feed