oleh

Diduga Oknum Polhut Dumai Ada Sangkutan Dengan Ilegal Logging Sungai Linau Siak Kecil

Topikterkini.com. Bengkalis.Riau – Viral di media publikasi tentang Perambahan hutan atau Ilegal Logging di Desa Sungai Linau Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau,yang diduga belum tersentuh hukum.

Pantauan tim awak media di lapangan, ketika melewati jembatan Sungai Linau namun masih masuk desa Langkat kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis terlihat kayu hasil Ilegal Logging yang telah di rakit di perkirakan 18 ton banyaknya.

Juga informasi narasumber yang memberi keterangan ke awak media, ternyata kayu ilegal logging tersebut mulai beroperasi sekitar pukul 23.00 WIB, satu persatu mobil truk pengangkut kayu mulai masuk ke Desa Sungai Linau. Aktivitas memuat kayu berjalan mulai tengah malam hingga subuh dini hari.

Narasumber yang enggan disebutkan menyatakan, dugaan adanya oknum Polhut Dumai, inisial (U) yang ikut serta atau bekerjasama didalam operasi ilegal logging Sungai Linau tersebut  Yang membuat lancar kegiatan tersebut sampai ke Pekanbaru dan Dumai.

Informasinya setiap malam dari Desa Sungai Linau keluar kayu hasil Ilegal Logging sekitar 100 ton. Kayu ini di muat dalam truk Cold Diesel dengan kapasitas 6 ton kayu Mengingat kondisi jalan yang berlubang, kayu tersebut informasinya dibawa atau dijual ke kota Pekanbaru dan Dumai.

“Untuk mengamankan kayu dari hasil Ilegal Logging aman di jalan tanpa ada gangguan, biasanya ada mobil pribadi yang mengawal di depan, yang seolah-olah terkesan truk yang sedang mengangkut kayu dalam pengawasan atau tangkapan mobil yang mengawal,” Ungkap sumber, Jumat dini hari (23/7/2021).

Diketahui dari penelusuran dan keterangan sumber saat itu, kayu hasil Ilegal Logging dari Desa Sungai Linau terpantau masuk 2 unit truk sedang mengangkut kayu diperkirakan 12 ton menuju ke panglong kayu tidak jauh dari pos retribusi Dishub Bukit Timah.

Kuat dugaan selama ini pembalakan liar di Sungai Linau ini berjalan dengan lancar atau tidak ada tersentuh dengan pihak penegak hukum Polres Kabupaten Bengkalis maupun Polhut dan Gakum KLHK Provinsi Riau.

Dikonfirmasi Via WhatsApp oleh awak media, Terkait dugaan keterlibatan oknum kehutanan membekingi Illegal Logging, Kasi  Gakum KLHK Provinsi Riau, Alfian Hardiman, SH., belum memberikan tanggapan atau keterangan hingga berita ini di tayang.

Liputan: Putra

Komentar

News Feed