oleh

Pembinaan SDM Pengawas, HL Arumahi : Bawaslu harus Komprehensif

TOPIKterkini.com–Bantaeng: Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) H.L Arumahi mengatakan Sumber Daya Manusia (SDM) staf Bawaslu bukan hanya dibangun secara parsial namun harus komprehensif dalam mengembangkan pengetahuan.

Hal ini disampaikan Arumahi saat membawakan materi pada kegiatan pembinaan SDM Pengawas dan Kesekretariatan yang diselenggarakan di Kantor Bawaslu Bantaeng Jln. DR Ratulangi, Rabu 4/8/2021.

“Pemahaman tentang pengawasan tidak terbatas pada komisioner saja, melainkan seluruh staf SDM di sekretariat harus bisa memahami semua tupoksi secara komprehensif dari divisi yang ada di Bawaslu” jelas Arumahi.

Dilingkungan internal silahkan staf divisi memahami secara khusus tupoksi divisinya, tapi diluar ditengah masyarakat, SDM Bawaslu tidak boleh menghindari pertanyaan masyarakat tentang, hanya karena bukan divisinya, tambahnya.

Oleh karena itu, lanjut Arumahi, Membangun demokrasi yang baik harus melalui proses kelembagaan penyelengara pemilu yang baik pula, tegas ketua Bawaslu ini.

“Proses yang baik harus didukung kelembagaan pemilu yang baik. Kehadiran pengawas pemilu sangat penting” tutur Kordiv SDM Bawaslu Sulsel ini.

Pada kesempatan yang sama Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Dra. Hj. Rahmiati Agustini, MH. Menegaskan bahwa kode etik bukan hanya untuk Komisioner Bawaslu saja, staf sekretaiat Bawaslu yang melanggar kode etik bisa dilaporkan ke DKPP.

“Kode etik Bawaslu tidak terbatas hanya pada komisioner, semua staf sekretariat harus patuh terhadap kode etik penyelenggara pemilu” tegas Rahmi.

Dia juga menyebut, pelanggaran profesionalitas masih mendominasi peringkat pertama, pelanggaran kode etik. Jadi, sambung Rahmi, penyelenggara pemilu masih perlu ditingkatkan kapasitasnya dari aspek manajemennya, kepemimpinannya, pelayanannya tertib administrasi dan pemahaman terhadap regulasi, tandas Rahmiati.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bantaeng Muh. Saleh, berharap pada peserta agar mengikuti materi yang disampaikan pemateri yang bertujuan meningkatkan kapasitas pengawas dan SDM Sekretariat Bawaslu Bantaeng, pungkas Saleh.

Laporan : Humas Bawaslu
Bantaeng.
Editor. : Armin

Komentar

News Feed