oleh

Sonifati mendrofa sebut, Pelantikan perangkat desa gawu gawu bo’uso diduga pemicu kegaduhan di tengah tengah masyarakat

TOPIKTERKINI-GUNUNGSITOLI-Pelantikan perangkat desa gawu gawu bo’uso tepatnya kecamatan Gunungsitoli Utara kota Gunungsitoli.diarea provinsi sumatera Utara yang dilaksanakan oleh Otomosi zega, Diduga memicu kegaduhan di tengah tengah masyarakat desa gawu gawu bo’uso.
Sabtu 21/08/2022

Hal ini disampaikan Sonifati Mendrofa salah satu Warga masyarakat Desa Gawu-gawu bouse menyampaikan,

” bahwa pelantikan perangkat desa gawu gawu bo’uso yang dilaksanakan oleh otomosi zega, akhir akhir ini(16/8/2021), patut dan tidak salah klo saya katakan itu salah satu pemicu kegaduhan di tengah tengah masyarakat desa. Karna sebelumnya pemerintah kota Gunungsitoli telah menerbitkan surat putusan tertanggal 19/7/2021, dengan nomor:140-231 Tahun 2021. Tentang penghunjukan camat Gunungsitoli Utara untuk melaksanakan tugas dan fungsi kepala desa gawu gawu bo’uso kecamatan Gunungsitoli utara kota Gunungsitoli.

Keterangan Foto : Surat Keputusan Walikota Gunungsitoli.

Yang isinya, menghunjuk camat Gunungsitoli Utara, torotodo Zega, sebagai pelaksana tugas dan fungsi kepala desa gawu gawu bo’uso , dan mewajibkan kepala desa gawu gawu bo’uso, dalam hal ini otomosi zega menyerah terimakan segala administrasi perkantoran, keuangan, iventarisasi, dokumen, dan kekayaan desa lainya kepada camat Gunungsitoli Utara, kota Gunungsitoli, yang dimuat dalam berita acara serah terima. Artinya, otomosi zega tidak boleh melaksanakan tugas dan fungsinya, termasuk pelantikan, dan penggunaan fasilitas administrasi sebagai kepala desa atau di non aktifkan dalam melaksanakan tugas, sejak putusan pemerintah kota gunungsitoli diterbitkan.” Ucapnya.

Diakhir konfirmasi Sonifati Mendrofa Berharap, ” Kita berharap dan memohon dengan segala hormat kepada pemerintah kota Gunungsitoli dalam hal ini bapak walikota Gunungsitoli agar dapat segera menindak tegas oknum yang merasa dirinya kebal akan aturan dan dengan memicu kegaduhan di tengah tengah masyarakat desa gawu gawu bo’uso, kecamatan Gunungsitoli Utara, kota Gunungsitoli. kami selaku masyarakat desa gawu gawu bo’uso, kecamatan Gunungsitoli Utara, siap mendukung serta mengapresiasi dan menunggu kebijakan tegas yang dilakukan oleh pemerintah selanjutnya,” Imbuhnya Soni.

Sementara Aperius Gea,SH.,MH kuasa Hukum Otomosi Zega menyampaikan bahwa klien nya tidak terima dengan surat keputusan walikota Gunungsitoli,

” Jadi yg tidak di terima otomosi zega (kades gawu gawu bo uso aktif) ttg keputusan walikota ttg penghujukan camat sebagai pelaksana tugas kepala desa gawu2 bo uso, dan hal ini Tidak sesuai dengan UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa,” Kata Kuasa hukum Otomosi Zega melalui pesan singkat Via WhattsApp semalam sekitar pukul 16:00 Wib.

Namun hal ini dijelaskan Torotodo Zega Camat Gunungsitoli Utara Menjelaskan Bahwa otomosi zega diberhentikan dalam tugas dan fungsinya sebagai Kepala Desa Gawu-gawu bouso merupakan pembinaan oleh pimpinan daerah,

” Melalui Surat keputusan Walikota Gunungsitoli Nomor : 140-231Tahun 2021 tentang ” Penghunjukan Camat Gunungsitoli Utara Untuk melaksanakan Tugas dan Fungsi Kepala desa Gawu-gawu bouso, itu berdasarkan laporan masyarakat di DPRD dan ada beberapa pelanggaran yang lainya yang telah dilanggar, dan hal ini ditindak lanjuti oleh pimpinan daerah, Ucap Camat Gunungsitoli Utara. (E85)

Komentar

News Feed