oleh

Patut Dicontoh.! Kades Ujung Bulu Jeneponto Sulap Kotoran Ternak Jadi Biogas

Topikterkini.com-Jeneponto | Kepala Desa Ujung Bulu Kecamatan Rumbia, Jeneponto, Mansyur, sangat patut dicontoh. Soalnya, selain menjadi Kepala Desa Ia juga beternak sapi di rumahnya.

Dari kotoran ternak sapi peliharanya itu, ia mampu rubah untuk pemanfaatan sumber energi alternatif, sebagai pengganti gas elpiji.

Patut Dicontoh.! Kades Ujung Bulu Jeneponto Sulap Kotoran Ternak Jadi BiogasDengan pemanfaatan kotoran ternak, kini keluarga Mansur tidak bergantung lagi pada Gas Elpiji untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di rumahnya.

“Sejak tiga tahun terakhir ini, keluarga saya tidak lagi bergantung pada gas elpiji, tapi saya manfaatkan kotoran sapi menjadi biogas, dan itu sangat hemat,” jelasnya.

Pemanfaatan sumber energi dari kotoran sapi itu kata Mansur, kini sudah dirasakan manfaatnya oleh keluarganya termasuk sejumlah warga tetangganya.

Menurutnya, ia merubah kotoran ternak sapi menjadi Biogas. Biogas sendiri adalah energi terbarukan yang berasal dari penguraian kotoran ternak dan sampah organik.

“Sampah organik itu sendiri adalah kotoran hewan dan sisa makanan ternak, itulah yang kita manfaatkan menjadi sumber energi alternatif sebagai pengganti gas elpiji,” katanya.

Laporan: Ishak Basman
Editor : Nasir Erank

Komentar

News Feed