oleh

Bupati Jeneponto Hadiri Opening Ceremony Intermediate Training Tingkat Nasional HMI

Topikterkini.com-Jeneponto | Bupati Jeneponto, Ishak Iskandar hadiri Opening Ceremony Intermediate Training Tingkat Nasional HMI Cabang Kabupaten Jeneponto di Baruga Kalabbirang Rumah Jabatan Bupati, Jumat (24/9/2021).

Intermediate Training Tingkat Nasional HMI Cabang Jeneponto kali ini mengangkat tema “74 tahun mangabdi untuk bangsa, HMI dikebiri, mandul dan kerdil”

Peserta Intermediate Training Tingkat Nasional HMI Cabang Jeneponto berasal dari 15 cabang termasuk dari Kalimantan dan Toli-Toli.

Diketahui Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) adalah organisasi mahasiswa yang didirikan di Yogyakarta pada tanggal 14 Rabiul Awal 1366 H bertepatan dengan tanggal 5 Februari 1947, atas prakarsa Lafran Pane beserta 14 orang Mahasiswa Sekolah Tinggi Islam.

Sebagai organisasi kemahasiswaan yang berkarakter kritis, HMI telah eksis lebih dari setengah abad lamanya, yakni 47 tahun.

Dari umur yang sudah terbilang matang tersebut, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dikenal telah melahirkan banyak tokoh bangsa.

Tokoh bangsa seperti Nurcholish Madjid/Cak Nur, Jusuf Kalla (Mantan Wakil Presiden RI), Azyumardi Azra, Komaruddin Hidayat, Yudi Latif, Amin Abdullah, Kuntowijoyo, Akbar Tanjung sampai Anis Baswedan yang telah mengisi pos penting dalam perjalanan kebangsaan dan keindonesiaan.

Bupati Iksan Iskandar yang juga selaku Presedium Ketua Umum KAHMI Jeneponto menilai Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) memegang andil besar dalam kemajuan Bangsa Indonesia.

Selain itu Bupati Iksan Iskandar juga menilai HMI Cabang Jeneponto adalah mitra kritis yang tidak mandul dan kerdil

“Banyak kader HMI yang telah menjadi figur dan mengisi pos penting mulai dari Pusat, Provinsi sampai level Kabupaten, ini berarti HMI adalah organisaai yang tidak mandul dan kerdil,” kata Iksan.

Lanjut Bupati Iksan Iskandar dalam sambutannya menyebut, kegiatan perkaderan yang konsisten dilakukan HMI selama ini sangat sejalan dengan visi pemerintahan Kabupaten Jeneponto, yaitu SMART.

Bupati menjelaskan, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) adalah kelompok mahasiswa yang tidak hanya kritis tetapi juga solutif.

“Apa yang dilakukan HMI, memiliki semangat yang sama dengan visi pemerintahan kami, yaitu membentuk SDM religius, cerdas dan berdaya saing,” jelasnya.

Sementara Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jeneponto, Arul Serang dalam sambutannya mengatakan, kehadiran organisasi yang dipimpinnya secara konsisten telah berkontribusi dan menjadi mitra kritis bagi daerah dengan membangun Sumber Daya Manusia (SDM).

Arul Serang menjelaskan, kegiatan perkaderan yang sejauh ini konsisten dilakukan dimaksudkan untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dan berdaya saing.

“Kehadiran HMI sebagai organisasi kemahasiswaan menjadikan kaderisasi sebagai sebuah keniscayaan dalam membangun SDM yang berkualitas baik cara berfikir maupun cara berperilakunya,” jelas Arul

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua Komisi I DPRD, Islam Iskandar, Ketua Bawaslu Syaiful, Perwakilan Dandim 1425, Ketua BKPRMI, Suardi A Kahar, Ketua KNPI, Isman Tryadi Iksan, Ketua I KNPI Muh. Ruslan, Ketua PB HPMT, Ketua PMII dan Ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.

Laporan: Ishak Basman
Editor : Nasir Erank/Redaksi

Komentar

News Feed