oleh

BNPB Lakukan Verifikasi Lapangan Terkait Usulan Dana Pasca Bencana di Balut

Topikterkini.com.Banggai Laut – Tim Verifikasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di tengah Pandemi covid-19 melakukan verifikasi lapangan terhadap usulan dana Bantuan Kegiatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana di Kabupaten Banggai Laut selama 4 hari, yaitu pada tanggal 22 September 2021 sampai dengan tanggal 25 September 2021.

Tim Verifikasi BNPB di pimpin oleh Kasubdid Inventarisasi dan Analisis Bapak Syavera, ST. MT serta tim teknis dari Provinsi Sulawesi Tengah (BPBD dan Dinas PU dan Sumber Daya Air).

Kunjungan lapangan BNPB tersebut di dampingi langsung oleh Bupati Banggai Laut Bapak Sofyan Kaepa, SH bersama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kepala Dinas PUPR dan beberapa pimpinan OPD lainnya.

Verifikasi lapangan oleh BNPB Pusat merupakan tindak lanjut atas usulan proposal, koordinasi dan konsultasi yang di lakukan oleh Bupati Banggai Laut Bapak Sofyan Kaepa, SH bersama OPD terkait di BNPB Pusat. Kerja-kerja dan koordinasi tersebut dilakukan sejak Bapak Bupati di lantik, pada bulan April Tahun 2021 teragendakan di kantor BNPB bersama Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Direktur Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Kasubdit Inventarisasi dan Analisis Kebutuhan serta Kasubdit Perencanaan Pendanaan. Sehingga mendapakan respon yang sangat baik untuk segera di tindak lanjuti veryfikasi lapangan terhadap lokasi kegiatan yang telah di tetapkan.

Ada beberapa titik yang menjadi lokasi kunjungan Tim Verifikasi BNPB Pusat berdasarkan Usulan Proposal yang telah melalui pra verifikasi oleh BNPB Pusat yaitu Rekonstruksi Tanggul Pengaman Pantai Sub Desa Kawalu Desa Panapat Kecamatan Bokan Kepulauan dan Tanggul Pengaman Pantai Desa Mbeleang Kecamatan Bangkurung.

Insya Allah setelah selesai verifikasi dan kunjungan tersebut dengan melengkapi beberapa data teknis pendukung, tanggul pantai tersebut sudah terealisasi.

Selain melakukan kunjungan lapangan terhadap dua lokasi tersebut, tim BNPB juga melakukan kunjungan lapangan di beberapa tempat yang mengalami kerusakan akibat bencana abrasi pantai di wilayah kecamatan bokan kepulauan, wilayah kecamatan Bangkurung, wilayah kecamatan Banggai dan Wilayah kecamatan Banggai Selatan.

Karena keterbatasan waktu Tim BNPB, sehingga kunjungan lapangan tidak bisa di lakukan disemua lokasi yang terdampak pasca bencana. Namun secara keseluruhan sudah mewakili semua wilayah kecamatan. Kunjungan tersebut tim BNPB mengarahkan dan menjelaskan kriteria serta mekanisme usulan proposal tahun berikutnya, penyajian informasi dan kelengkapan data pendukung betul – betul valid dan sesuai kategori dan kriteria pasca bencana oleh BNPB.

Sumber: Prokopim Balut.

Laporan: Agnes

Komentar

News Feed