oleh

Bupati Jeneponto Sambut Kunjungan Tim Verifikasi Nasional Kabupaten/Kota Sehat

Topikterkini.com-Jeneponto: Bupati Jeneponto H. Iksan Iskandar didampingi Ketua Forum KKS Jeneponto, Hj. Hamsiah Iksan dan Ketua Tim Pembina H. Masri sambut kunjungan Tim Verifikasi Nasional Kabupaten/Kota sehat di Baruga Kalabbirang Rumah Jabatan Bupati, Kamis(30/9/ 2021).

Menurut data yang berhasil dihimpun menunjukkan bahwa sebelumnya pada tahun 2017 Kabupaten Jeneponto menjadi salah satu daerah yang menerima penghargaan Swasti Saba wistara.

Sebelumnya Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Hj. Hamsiah Iksan memberikan sambutan dan selayang pandang Forum KKS Jeneponto yang telah mempersiapkan secara dini beberapa indikator yang harus terpenuhi untuk kembali menerima penghargaan Swasti Saba Wistara.

Tim Verifikasi KKS Pusat, Decky Virandola menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Jeneponto dan forum KKS atas penerimaan dalam rangka melakukan verifikasi lapangan di beberapa locus.

“Ini yang menjadi titik pantau untuk dijadikan sebagai objek penilaian untuk mendapatkan kembali pengahrgaan Swasti Saba Wistara tahun 2021,” kata Decky Virandola.

Sementara Bupati Iksan Iskandar dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Swasti Saba Wistara adalah penghargaan tertinggi sebagai Kabupaten/Kota Sehat di Indonesia yang diberikan atas keberhasilan pengajuan 4 (empat) Tatanan Pelaksanaan Program Kabupaten/Kota Sehat.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Jeneponto Bupati menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ketua Tim Verifikasi Nasional bersama rombongan.

“Selamat menikmati Jeneponto, Insya Allah kami menghadirkan suasana nyaman bagi Bapak Ibu sekalian karena orang Jeneponto adalah orang yang ramah-ramah,” sambut Bupati.

Lebih jauh Bupati Iksan Iskandar dalam sambutan menyebut, bahwa kehadiran Tim Verifikasi Nasional akan semakin membawa kemajuan bagi pembangunan dan pengembangan daya saing daerah, demi peningkatan kualitas hidup masyarakat Jeneponto khususnya dalam pengembangan Kabupaten Sehat.

Bupati menjelaskan, kegiatan ini penting karena menjadi salah satu bentuk inovasi dalam upaya membangun derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat yang selanjutnya diapresiasi oleh pemerintah pusat sebagai suatu agenda nasional yang berkelanjutan.

“Ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk mendukung program Kabupaten/Kota Sehat dengan semangat terus dan pantang mundur,” ujar Bupati mengapresiasi

Sebelumnya kata Bupati, pemerintah daerah Kabupaten Jeneponto telah bekerja melalui Forum Komunikasi Kota Sehat, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat dan Satuan Tugas Kabupaten Sehat sebagai Garda depan yang tanpa lelah dengan semangat gotong royong serta kekeluargaan.

“Secara berkala telah berupaya melakukan sosialisasi pembinaan dan pelatihan di semua titik pantau dan lingkungan sekitarnya,” jelasnya.

Bupati Iksan Iskandar juga menyebut, ingin meraih kembali penghargaan tersebut bersama seluruh stakeholder dan masyarakat dengan melakukan kegiatan dan upaya peningkatan layak sehat pada berbagai lokasi dan titik verifikasi, demikian halnya dengan sektor-sektor pendukung lainnya.

“Forum Kabupaten Sehat Jeneponto telah menghimpun potensi dan berbagai sumber daya melalui pengembangan inovasi pengelolaan lingkungan, seperti pengembangan bank sampah dan juga aksi bersih sedunia atau World Clean Up Day,” katanya.

Menurut Bupati, mulai dari sarana pemerintahan dan sarana pelayanan publik hingga ke tingkat lingkungan keluarga juga senantiasa dilakukan pendekatan persuasif, bahwa lingkungan yang sehat adalah sebuah kebutuhan, apalagi selama pandemi covid 19 pentingnya pola hidup dan perilaku sehat senantiasa menjadi penekanan.

“Oleh karena itu, dengan kehadiran Bapak Ibu tim verifikasi nasional diharapkan akan semakin menggerakkan upaya pembinaan pemberdayaan dan pengembangan Jeneponto sebagai Kabupaten Sehat, sehingga penghargaan Swasti Saba Wistara dapat kami raih kembali dan kondisi lingkungan yang sehat semakin meningkat dan terus tumbuh berkembang,” harapnya.

Turut hadir Kadis Kesehatan Syusanti A Masnyur, Kadis Kominfo, Manrancai Sally, Kadis Lingkungan Hidup, Muh. Basuki Baharuddin, Camat Binamu, Emil Ilyas, Camat Kelara, Nursila, Camat Arungkekek, Alamsyah dan Pengurus Forum KKS Kabupaten Jeneponto.

Laporan: Ishak Basman
Editor : Nasir Erank

Komentar

News Feed