oleh

Bantuan Terus Berdatangan Untuk WargaTerdampak Banjir di Desa Malangga Tolitoli

Topikterkini.com.Tolitoli – Sekrertaris BPBD Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah, vidya putra menyampaikan bahwa bantuan yang telah di salurkan dari hari pertama pasca banjir sementara ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan warga yang terdampak untuk beberapa hari kedepan.

Dua Alat berat pun sudah diturunkan oleh BPBD untuk mengeruk sungai dan membersihkan gelondongan kayu yang berserakan di bantaran sungai. Perbaikan darurat jembatan sebagai akses masyarakat segera di lakukan begitupun dengan tanggap air bersih agar warga secepatnya mendapatkan air bersih. Tanggap cepat yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan BPBD dalam menanggulangi bencana banjir sudah sangat membuat masyarakat bersyukur dan menyampaikan terimakasih kepada pemerintah daerah.

Kepala Desa Malangga, Abd. Salam menyampaikan bantuan yang masuk sebagian besar dari komunitas masyarakat berupa beras dan mie instan serta kebutuhan pangan lain nya terus berdatangan.

Bantuan tersebut sebagian besar sudah disalurkan kepada warga hari pertama pasca banjir bantuan berupa makanan siap saji air mineral, selimut, bantal dan tikar, bantuan inilah yang sangat di butuhkan warga sebagai pertolongan dasar disaat isi rumah mereka porak poranda di terjang banjir dan sandang pangan mereka sudah tidak bisa gunakan.

Kades malangga menyampaikan ke awak media bahwa bantuan yang masuk sampai hari ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan warga yang terdampak banjir untuk beberapa hari kedepan, dan dapur umum darurat pun masih terus berfungsi menyiapkan makanan siap saji untuk warga dalam beberapa hari ini, sehingga warga tidak akan kekurangan makan siap saji, adapun bantuan lain nya yang masuk dari kemensos berupa tikar dan pakaian, 91 kk yang sudah menerima bantuan ujar Kades malangga.

Kepada media ini, Selasa (26/20/2921) Kades Malangga menyampaikan untuk rumah rumah yang mengalami kerusakan sementara ini dengan cara gotong royong bersama sama masyarakat membersihkan sisa sisa material yang ada dan memperbaiki rumah rumah yang mengalami kerusakan ringan dan sedang dengan memaafkan bahan alam yg tersedia.

Adapun warga yang kami temui yang menjadi saksi langsung melihat kejadian amukan air pada saat itu, pasca banjir apa yang mereka rasakan saat ini masih ada rasa kekhawatiran serta ketakutan akan terjadinya banjir susulan mengingat hujan beberapa hari masih turun walaupun tidak berintensitas tinggi namun membuat warga resah, (ibu Martang) mengatakan sudah beberapa kali terjadi banjir namun tidak pernah separah ini dan banjir kali inilah yang terparah, Warga menyampaikan dampak banjir ini masih menyisahkan ketakutan dan trauma.

Ucapan terimakasih Warga kepada pemerintah daerah dan BPBD serta semua Tim yang terlibat langsung dalam penanganan pasca banjir dan lapisan masyarakat yang telah perduli kepada warga desa Malangga, dengan memberikan bantuan sandang pangan, sehingga dapat meringankan beban duka warga yang terdampak banjir.

(Andi Iswana)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed