oleh

Bentuk Pansus, DPRD Buol Kawal Dugaan Kecurangan Seleksi CASN 2021

Topikterkini.com.Buol – Menyikapi Dugaan kecurangan pada seleksi tahap 1 Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di Kabupaten Buol yang viral dan menjadi isu Nasional, DPRD Buol melaksanakan Konferensi Pers, Senin (1/11/2021).

Konferensi Pers yang menghadirkan sejumlah media cetak dan media on line dipimpin langsung Ketua DPRD Buol, Srikandi Batalipu, S Sos, didampingi 2 Wakil Ketua DPRD, Zainudin Rauf dan Ahmad Takuloe, SH, beserta Ketua Komisi 1 beserta anggota DPRD.

Seperti diketahui dan telah di publikasi di sejumlah media, bahwa terkait seleksi CASN tahap 1, pihak BKN Pusat telah menemukan 225 peserta yang lolos di tahap 1 yang terindikasi ada kecurangan dimana terdapat 27 peserta  berasal dari Kabupaten Buol.

Berikut pernyataan sikap DPRD Buol menyikapi kisruh Seleksi CASN di Kabupaten Buol:

1. Permohonan maaf Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Buol tidak sempat menerima penyampaian aspirasi pada kamis (29/10/2021) sehubungan adanya agenda:
A. Pimpinan dan anggota DPRD pada alat kelengkapan sedang melakukan konsultasi dan koordinasi serta studi komparatif dibeberapa daerah terkait Pembahasan APBD TA.2022.

B. Ketua dan anggota DPRD sedang melakukan Konsultasi dan Koordinasi pada BKN Regional IV Makassar terkait indikasi kecurangan pelaksanaan pelaksanaan CASN di Kabupaten Buol.

C. BAPEMPERDA melakukan Fasilitasi program pembentukan Perda tahun 2022 pada Biro Hukum Pemprov Sulteng.

2. Hasil konsultasi dan konfirmasi Kepala BKN Regional IV Makassar, adanya indikasi kecurangan pada pelaksanaan CASN sebagaimana yang disampaikan Kepala BKN melalui media masa dan media elektronik.

3.Pimpinan dan anggota DPRD mengutuk keras kejadian yang memalukan dan menjadi viral Nasional, untuk itu DPRD akan memfasilitasi kepada masyarakat/peserta CASN yang telah dirugikan serta mengawal proses administrasi dugaan PELANGGARAN HUKUM, yang selanjutnya akan melakukan koordinasi pada BKN Pusat dan Kementerian PAN-RB pada kesempatan pertama.

4.Fraksi Fraksi DPRD mendukung tindakan pemerintah Daerah, dalam hal ini Bupati Buol yang telah berinisiatif melaporkan indikasi kecurangan seleksi CASN BKN Pusat dan Kementerian PAN-RB.

5. Berdasarkan usulan Fraksi Fraksi, DPRD akan membentuk PANSUS SELEKSI CASN KABUPATEN BUOL TAHUN 2021, agar kasus yang memalukan ini selesai dan tidak akan terulang lagi.

6. DPRD akan menggunakan kewenangan berdasarkan tata tertib DPRD serta dalam melakukan Investigasi.

Liputan: Husni Sese

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed