Empo Sipitangarri, Bupati Jeneponto Sebut Pertanian di Jeneponto Tahun 2020-2021 Mengalami Peningkatan

TOPIKTERKINI.COM – JENEPONTO: Bupati Jeneponto Drs. H. Iksan Iskandar, M.Si paparkan produksi pertanian untuk tahun 2020-2021 yang saat ini sudah mengalami peningkatan, Hal tersebut disampaikan oleh Iksan Iskandar saat membuka acara rembuk Empo Sipitangarri di ruang aula dinas pertanian jeneponto, Kamis 18/11/2021 Pagi tadi.

Bupati Jeneponto Iksan Iskandar mengaku optimis dalam menyambut musim tanam rendengan tahun depan dan para petani setiap tahunnya mengalami peningkatan produksi terbukti masa panen tahun ini mencapai dua kali atau bahkan sampai tiga kali sehingga kabupaten Jeneponto ditetapkan sebagai daerah penanam jagung.

“Alhamdulillah tahun ini kita menuai banyak kemajuan termasuk produksi jagung yang mengalami surplus,” ujar Bupati dua periode

Lebih jauh ia mengingatkan bahwa musim tanam tahun depan juga memiliki tantangan besar termasuk banyaknya alih fungsi lahan produktif yang dilakukan oleh para petani.

Iksan pun berharap agar para petani mampu menyampaikan keresahannya dilapangan kemudian didiskusikan guna mendapat solusi terbaik.

“Saya berharap para petani yang hadir saat ini dapat mendiskusikan permasalahan dilapangan kemudian dilakukan Mapping solusi sehingga produksi pada masa panen kita ditahun depan dapat mengalami peningkatan,”harapnya.

Sementara, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian kab.Jeneponto Ahmad Tunru, menjelaskan bahwa musim tanam tahun depan memiliki peluang sekaligus tantangan yang besar,”ucap Ahmad

“Iapun menilai besarnya tantangan yang dialami petani berkaitan dengan rekomendasi waktu yang tepat saat memulai penanaman. Menurutnya, waktu penanaman sangat penting untuk didiskusikan mengingat curah hujan yang tidak menentu,”jelasnya

Ditempat yang sama kepala bidang dinas pertanian bidang tanaman pangan Bambang Hariyanto, SP.MM, mengatakan bahwa, Selain itu faktor lainnya, perlu menjadi perhatian bersama guna memastikan proses musim tanam berlangsung terpadu serta memuai hasil maksimal,”jelas Bambang

“Diketahuai, acara Empo sipitangarri dilaksanakan sebagai wadah bertukar pikiran antara pemerintah, praktisi dan petani guna menemukan strategis taktis dalam menyambut musim tanam rendengan tahun 2022. Dengan menghadirkan Para Kelompok Petani.

Insha Allah kami mewakili dinas pertanian Jeneponto akan berusaha semaksimal mungkin agar para petani bisa menanam jagung yang lebih memuaskan dari sebelumnya karena kami sangat peduli dengan para petani di kabupaten Jeneponto,”tutup Bambang.

Laporan: Usman S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *