oleh

Kunker di Tolitoli, Wagub Sulteng Bersama Rombongan Janji Normalisasi Sungai Tuweley dan Lembe

Topikterkini.com.Tolitoli – Dua sungai yang membentang di tengah Kota Tolitoli, menjadi sasaran yang ditinjau Wagub Sulteng, Drs. Ma’mun Amir bersama rombongan, kamis (2/12/2021).

Peninjauan ini dilakukan mengingat sungai ini seringkali meluap bila curah hujan tinggi, menyebabkan banjir dalam Kota Tolitoli tidak dapat dihindari. Ma’mun Amir dalam kunjungan kerjanya di Tolitoli membawa rombongan di antaranya Kadis Kehutanan Prov. Sulteng, Dr. Ir. Nurhadi, MM, Kadis Cipta Karya dan Sumber Daya Air Abd. Razak, Keban Penanggulangan Bencana Daerah yang diiwakili Kabid Penanggulangan Bencana Andi Sembiring dan Kabag Humas, Publikasi dan Dokumentasi Drs. Adiman.

Saat melakukan peninjauan, rombongan Wagub didampingi oleh Bupati Tolitoli Amran, Hi Yahya bersama Sekda, Asrul Bantilan, S Sos, Unsur Forkopimda Tolitoli beserta sejumlah pejabat Pemerintah Daerah lainnya.

Setelah melihat dari dekat topografi sungai, Wagub Drs. Ma’mun Amir langsung meminta jajarannya yang terkait untuk segera melakukan langkah antisipasi penanggulangan banjir dengan cara melakukan normalisasi sungai yang sudah terjadi pendangkalan akibat sedimentasi serta meluruskan badan sungai di sejumlah titik yang dianggap rawan.

Selain itu, Wagub meminta agar material kerukan dasar sungai nantinya tidak hanya ditempatkan di bantaran sungai melainkan harus dibawa ke tempat lain agar bila hujan turun, material kerukan itu tidak lagi masuk ke dasar sungai.

Menindaklanjuti perintah Wagub, pihak BPBD Provinsi berjanji akan mengirimkan sejumlah alat berat dan peralatan lainnya guna melaksanakan normalisasi sungai.

Selain di Kelurahan Tuweley dan Kelurahan Baru, Wagub juga meninjau sungai Lembe di lingkungan Lemba Kelurahan Baru. Untuk penanganan sungai Lembe ini, Wagub meminta agar dapat dilakukan konsolidasi dalam rangka pembebasan lahan di sekitar bantaran sungai sehingga pekerjaan normalisasi tidak terhambat.

Sumber: Prokopim Tolitoli.
Laporan: Andi Iswana

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed