oleh

Tekan Penyakit Kaki Gajah, Menkes Minta Daerah Lain Tiru Tidore dan Lebak Banten

TOPIKTERKINI.COM – JAKARTA: Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyerahkan sertifikasi Eliminasi Kaki Gajah kepada pemerintah Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara dan Kabupaten Lebak Provinsi Banten, pada Selasa (30/11) di gedung Kemenkes, Jakarta. Menkes Budi mengatakan pencapaian yang diperoleh kedua daerah tersebut dapat diikuti oleh daerah lain dengan meniru strategi yang dilakukan.

“Kita mendorong penyakit-penyakit yang disebabkan oleh nyamuk bisa terus secara konsisten kita tekan. Caranya belajar dari daerah yang sudah berhasil seperti Tidore,” katanya.

Menkes menilai bahwa dengan dilakukannya replikasi program pengendalian Kaki Gajah dari daerah yang berhasil dapat mempercepat keberhasilan di daerah lainnya.

Menkes meminta jajaran Kementerian Kesehatan untuk melakukan sosialisasi, pencatatan, serta evaluasi secara terus menerus upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam upaya pengendalian nyamuk.

Menkes juga meminta kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota untuk lebih agresif dan memiliki target agar bisa menekan penyakit akibat nyamuk.

Sebagai Informasi dari 514 Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia, sebanyak 236 merupakan wilayah endemis Kaki Gajah. Sementara sebanyak 32 Kabupaten/kota yang sudah eliminasi Kaki Gajah

Editor: Erank

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed