oleh

LALU DARWAN SOSOK NELAYAN BERJUANG BERSAMA MASYARAKAT MEMBANGUN

 

Topikterkini.com.Selong NTB—Lalu Muhamad Darwan 38 warga Dusun Ujung Desa Pemongkong Kecamatan Jero Waru Kabupaten Lombok Timur NTB, Ia adalah sosok Pemuda sederhana yang berprofesi sebagai Nelayan dan penyelam namun memiliki semangat yang kuat dan peduli kepada masyarakat demi membangun desa.

Pria kelahiran 1984 yang akrab dipanggil Miq Rian, menunjukan kepeduliannya membangun desa berawal dari keprihatinannya dengan banyaknya Pemuda-pemudi pengangguran dilingkungan sekitar dan kondisi Desa yang dinilainya tidak ada kemajuan.

Lanjut dia, inilah yang membakar semangatnya untuk berbuat demi kemajuan desa-nya, Ia memulainya dari hal-hal yang kecil, dengan membentuk kelompok Nelayan, saat ini Ia memiliki kelompok Nelayan Budidaya Lobster dan berkat usahanya, kelompoknya mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat dan Daerah, saat ini kelompok Nelayan tersebut sudah berjalan dengan baik, dengan memberdayakan 13 sampai 16 anggota Nelayan.

“Rasa kepedulian itu, kita tunjukkan dari hal-hal yang kecil dulu” katanya menjelaskan.

Menurutnya hal ini sebagai langkah awal untuk menunjukan kpeduliannya kepada masyarakat termasuk juga membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran, dengan tujuan agar masyarakat punya pekerjaan dan penghasilan tetap.

“Kita sama-sama saling membantu dalam berbuat kebaikan” nasehatnya.

Dijelaskan pekerjaannya sebagai nelayan budidaya Lobster baru beberapa tahun jalan sementara sebgai penyelam hampir 25 tahun, Ia berangkat menyelam setelah Shalat Isya (Ba’da Isya) pulang sebelum Shubuh pekerjaan ini di-lakukan demi menapkahi kebutuhan keluarganya.

Sambung dia, pada pagi harinya, sisa waktu dan tenaganya digunakan untuk hal yang bermanfaat termasuk berkiprah untuk membanguan Desa. Selain sebgai Nelayan Ia juga berladang jagung, dalam hidupnya Ia hanya memegang perinsif, orang yang baik adalah orang yang bermanfaat kepada sesama.

Lebih lanjut Lelaki yang di-kenal ramah dan bersahaja di kampungnya ini menjelaskan saat ini Ia berlahan-lahan pempersiapkan Pemuda yang memiliki potensi di-bidang masing-masing khususnya di bidang olahraga sepak bola untuk diperjuangkan agar bakat dan hobi mereka menjadi sesuatu yang menghasilkan.

“Sebenarnya masyarakat menginginkan desa ini maju itu saja” tegas Lelaki dua anak ini.

Sebagai Pemuda Lalu Darwan merasa bertanggungjawab untuk terlibat langsung untuk memperbaiki keadaan desa hingga menyumbangkan tenaga dan pikiran dan mengajak masyarakat setempat untuk bersma-sama membangaun desa, saat ini masyarakat Dusun Ujung dan Dusun Serumbung sedang mambangun Musholla sebgai tempat Ibadah untuk menyambut bulan suci Ramadhan nanti.

“Ayo kita sama-sama membangun desa” ujarnya semangat.

Ia juga menyampaikan harapan besar masyarakat kepada pemerintah daerah supaya Desa Pemongkong menjadi desa maju seprti Desa-desa lainya di Lombok Timur.

“Masyarakat menginginkan agar pemerintah memperhatikan kondisi Pemongkong” harapnya.

Penulis: Burhanudin Febrians

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.