oleh

Bupati dan Wabup Buol: Capaian Vaksinasi di Targetkan Desember 2021 Selambatnya Januari 2022

Topikterkini.com.Buol – Bupati Buol dr. H. Amirudin Rauf, Sp.Og, M.Si memimpin langsung rapat terkait percepatan pelaksanaan target vaksinasi di Kab. Buol, bertempat di Aula Kantor Bupati Buol, Jumat (3/12/2021).

Turut hadir, Wakil Bupati Buol sekaligus ketua Satgas Covid-19, Pimpinan-Pimpinan OPD, Pengurus Satgas Covid-19, Camat Biau, dan Lurah Se-Kecamatan Biau.

Bupati Buol dalam penyampaianya menegaskan agar seluruh pejabat terkait mengakselerasi proses vaksinasi demi mewujudkan imunitas masal.

“Pembelajaran Tatap Muka harus di lakasanakan dengan syarat Guru dan Siswa harus di Vaksin” tegas Bupati.

Beberapa kegiatan yang di laksanakan oleh pemerintah atau organisasi pemerintah harus mensyaratkan vaksin didalamnya.

“Kegiatan Persbul harus di vaksin, termasuk Penonton, tidak boleh kalau tidak memperlihatkan sertifikat vaksin” ujar Ketua Satgas Covid-19.

Olehnya peran ini harus benar-benar di laksanakan oleh Penanggung jawab Wilayah

“Harus ada agenda terencana semisal kondisi jumlah yang di vaksin (dosis pertama dan kedua) dan langkah-langkah apa yang ambil untuk mencapai target vaksin” Sambung Bupati lagi.

Wakil Bupati Buol sekaligus Ketua Satgas menyampaikan agar Target Vaksinasi dapat tercapai minimal di Bulan Desember atau Bulan Januari.

Termasuk dalam program setiap OPD, distribusi bantuan harus mensyaratkan vaksin demi upaya mewujudkan imunitas masal tersebut.

Lebih lanjut Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Buol H.Abdullah Batalipu S.Sos, M.Si Memaparkan Bahwa, Berdasarkan SUBTANSI INMENDAGRI NO. 62 TAHUN 2021

Pencegahan Dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 Pada Saat Natal Tahun 2021 Dan Tahun Baru Tahun 2022 (Ditetapkan 22 November 2021)

Selama periode Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022 (Nataru) pada tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Jan

a. mengaktifikan kembali fungsi Satuan Tugas Penanganan COVID-19 di masing-masing lingkungan, baik pada tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan dan desa serta Rukun Tetangga (RT)Rukun Warga (RW) paling lama pada tanggal 20 Desember 2021;

b. menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang lebih ketat dengan pendekatan 5M (memakai masker, mencuci langan pakai sabun/hand sanitizer, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan) dan 3T (testing, tracing, treatment);

c. melakukan percepatan pencapaian target vaksinasi, terutama vaksinasi lansia, sampai akhir Desember 2021;

d. melakukan koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pemangku kepentingan lainnya diantaranya Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Organisasi Kemasyarakatan, Pengelola Hotel, Pengelola Tempat Wisata, Pengelola Mall dan Pelaku Usaha serta pihak lain yang dianggap perlu sesuai dengan karakteristik masing-masing daerah dalam rangka pencegahan dan penegakan disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

2. himbauan bagi masyarakat untuk tidak ber kampung dengan tujuan yang tidak primer/tidak p dan

3. pengetatan arus pelaku perjalanan masuk dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebagai antisipasi

f . melaksanakan pengetatan dan pengawasan protok tempat, yaitu:

1. Gereja tempat yang difungsikan sebagai temp perayaan Natal Tahun 2021;

2. tempat perbelanjaan; dan

3. tempat wisata lokal dengan memberlakukan k Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

Sebagai mana tertuang dalam INMENDAGRI NO. 62 TAHUN 2021. Maka dengan ini Ketua Satgas kembali menegaskan bahwa tindakan percepatan Vaksinasi kali ini dilakukan sebisa mungkin dan memiliki strategi-strategi khusus untuk pelaksanaan di lapangan nanti.”Tegas Ketua Satgas

Lebih lanjut lagi Ketua Satgas Covid-19 menyatakan bahwa ” Saat pelaksanaan vaksinasi kita akan melaksanakan/memakai strategi Door To Door, dari rumah ke rumah, maupun dijalan raya dan dipusat Keramaian, bagi Warga/masyarakat yang belum Melaksanakan Vaksinasi. Ketua Satgas Covid-19 Juga kembali menghimbau untuk para Lurah se-Kecamatan Biau dalam hal ini harus lebih tegas dan lebih fokus lagi dalam pelaksanaan Vaksinasi bagi setiap masyarakatnya.Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya bahwa dengan vaksinasi kita dapat melindungi Diri dari Ancaman Virus terlebih Covid-19 “. tutupnya.

Sumber: Prokopim Buol.

Laporan: Husni Sese

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.