oleh

Memprihatinkan, Plt Gubernur Sulsel Tinjau Abrasi di Takalar

TOPIKTERKINI.COM, TAKALAR — Abrasi yang terjadi disepanjang pesisir pantai galesong sangat memprihatinkan dan menjadi perhatian serius pemerintah daerah (pemda) Kab. Takalar, tak terkecuali pemerintah provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan.

Alhasil, Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman didampingi Bupati Takalar H. Syamsari meninjau langsung lokasi abrasi pantai akibat terjangan ombak di Desa Bontokanang, Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar, Selasa (7/12/2021).

Setibanya di lokasi, masyarakat pun menyambut dengan gembira hadirnya Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, yang didampingi Bupati Takalar, Syamsari Kitta dan Wakil Bupati Takalar, Ahmad Dg. Se’re.

Warga pun mengeluhkan kondisi daerahnya yang mengalami abrasi, hingga beberapa warga memilih untuk mengungsi.

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulain bersama Bupati Takalar Syamsari berada di lokasi abrasi

Andi Sudirman menyampaikan kepada masyarakat, bahwa Pemerintah Provinsi Sulsel akan berupaya menangani abrasi, sehingga tidak ada lagi rumah yang hanyut terbawa ombak akibat abrasi.

“Sudah 57 KK yang mengungsi dari semua titik-titik abrasi di Takalar. Dari semua total panjang yang terjadi abrasi sekitar 400-500, dengan tiga atau empat titik abrasi,” ungkapnya.

Masyarakat Desa Bontokanang antusias sambut kedatangan pemprov sulsel dan pemda Takalar

Menurutnya, kondisi ini sangat memprihatikan. Sehingga dibutuhkan penanganan oleh pemerintah agar tidak lagi terjadi abrasi.

“Ini sudah memprihatinkan. Artinya dibutuhkan penanganan darurat. Insya Allah tahun depan bisa dilakukan melalui bantuan keuangan Provinsi dan bisa dikerjakan oleh Pemkab Takalar dengan kerjasama semua stakeholder Forkopimda dan perguruan tinggi,” jelasnya.

Usai meninjau lokasi abrasi, Andi Sudirman menyerahkan bantuan Dinas Sosial Sulsel kepada warga Desa Bontokanang senilai Rp 32 juta. Adapun bantuan berupa tenda gulung, makanan anak, family kit, matras, dan kids ware.

(*/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed