oleh

Dorong Produksi Pertanian, Mentan Akan Hadirkan Irigasi Perpipaan di Jeneponto

Topikterkini.com-Jeneponto |
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo melakukan peninjauan lokasi pertanian di Kelurahan Empoang Selatan Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan.

Dorong Produksi Pertanian, Mentan Akan Hadirkan Irigasi Perpipaan di JenepontoDalam kunjungannya itu, Mentan Syahrul Yasin Limpo diterima langsung oleh Bupati Jeneponto, H. Iksan Iskandar, Sabtu (8/01/2022).

Tentu saja, kunjungan awal tahun Menteri Pertanian tersebut, memberikan harapan baru bagi pemerintah daerah dan masyarakat Jeneponto.

Di ketahui, kunjungan ini bertujuan untuk mendorong agar produktivitas sektor pertanian terus meningkat.

Salah satu upaya dari Kementerian Pertanian (Kementan) adalah menjalankan program irigasi perpipaan.

Terkait hal tersebut, Kementan melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertaniam (PSP) akan merealisasikan irigasi perpipaan untuk Kelompok Agronative Farm di Kabupeten jeneponto.

Berkat program tersebut, produksi dan daya saing kelompok yang bergerak di bidang hortikultura itu pun akan meningkat tajam. Hal ini lantaran pasokan air dapat terpenuhi dengan baik.

Mentan SYL juga menyampaikan, bahwa air merupakan kebutuhan mutlak untuk sektor pertanian. Tanpa air, mustahil pertanian akan berkembang dengan baik dan optimal.

“Air itu salah satu faktor penting bagi pertanian. Untuk itu, irigasi perpipaan ini merupakan program strategis untuk mengaliri lahan persawahan milik petani agar tak terganggu,” ujar Mentan SYL di sela-sela kunjungannya.

Lahan pertanian di Jeneponto sangat luas untuk di kelola dan di kembangkan, olehnya itu Kementan akan hadir memberikan solusi agar petani Jeneponto dapat meningkat kesejahteraannya.

“Mereka tidak boleh miskin lagi. Kami membawa beberapa pejabat, diantaranya Sekjen Kasdi subagyono, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Ali Jamil, Dirjen Tanaman Pangan Suwandi, Kepala litbang Fadjri Jufri, Direktur Pukpes Muh. Hatta dan beberapa pejabat kementerian pertanian, ini menjadi salah satu bukti perhatian dan konsentrasi kami untuk pengembangan sektor pertanian di Jeneponto,” Kata Mentan SYL.

Bupati Iksan Iskandar menyampaiakan apresiasi kepada pak Mentan SYL atas perhatian besarnya terhadap peningkatan produktivitas pertanian dan kesejateraan petani di Jeneponto.

“Pak Mentan telah banyak memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Jeneponto khususnya disektor pertanian.
Sejak beliau menjadi menteri sudah beberapa kali melakukan kunjungan kerja ke Jeneponto dan memberikan bantuan kepada masyarakat,” ucap Bupati.

Kunjungan Mentan tersebut turut dihadiri Kapolres Jeneponto Yudha Kesit Dwijayanto, Dandim 1425 Jeneponto Gustiawan Ferdianto, Plh. Sekda H. Muhammad Basir, Kadis Pertanian Ahmad, Kadis PUPR H. Arifin Nur, Kadis Perdagangan dan Industri H. Manrancai, Kasatpol PP Nasuhan, Kadis Lingkungan Hidup M. Basuki Baharuddin, Camat Binamu Emil Ilyas Mattewakang dan beberapa pejabat lingkup pemerintah daerah Jeneponto.

Laporan: Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.