oleh

FIK ORNOP Sulsel Gelar Kegiatan Penyusunan Strategic Planning

Topikterkini.com-Makassar | Forum Informasi dan Komunikasi Non Pemerintah (FIK ORNOP) Sulawesi Selatan gelar kegiatan penyusunan Strategic Planning (SP) di RM Torani Makassar, Jumat 22 Januari 2022.

FIK ORNOP Sulsel Gelar Kegiatan Penyusunan Strategic PlanningKegiatan tersebut mengusung tema “Meneguhkan Eksistensi Kelembagaan dan Jejaring FIK ORNOP di Era Baru”.

Melalui Kegiatan tersebut mencoba lebih dalam mengeksplorasi dan mengkaji isu masyarakat sipil yang sedang berkembang pada era normal baru.

Dalam kegiatan itu turut hadir mantan Koordinator FIK-ORNOP Sulsel, diantaranya Asmin Amin, Pahir Halim, Azhar Arsyad, Khudri Arsyad dan Asram Jaya, termasuk senior Sufri Laude yang sekaligus menjadi pemantik dengan memberikan pandangan arah gerakan dan peran strategis FIK ORNOP Sulsel sebelum dilakukannya sesi penyusunan strategic planning.

Mereka bersepakat, bahwa FIK ORNOP harus segera menunjukkan eksistensinya sebagai lembaga yang dapat mengadvokasi seluruh kebutuhan masyarakat dan menjadi payung bagi lembaga-lembaga anggotanya dan yang bermitra dengan FIK-ORNOP serta menanamkan nilai kejujuran dan moralitas dalam setiap aktifitas kerja organisasi.

Isu demokrasi yang humanis dan bermartabat menjadi salah satu fokus yang diungkapkan oleh Misna M. Hattas, Komisioner KPU Sulsel yang turut hadir sebagai pemantik diskusi.

FIK ORNOP Sulsel Gelar Kegiatan Penyusunan Strategic PlanningMisna mengungkapkan, bahwa peran NGO sebagai organisasi gerakan, bukan event organizer, seharusnya mengambil peran dalam mendorong isu demokrasi yang praktiknya sudah semakin barbar, seperti praktik politik uang terutama pada saat Pemilihan Kepala Desa.

Kegiatan penyusunan Strategic Planning yang difasilitasi Saleh Yasin dan dihadiri 50 Lembaga Anggota FIK ORNOP Sulsel tersebut berlangsung alot dengan berkembangnya isu strategis yang dapat direspon oleh FIK ORNOP.

Ibu Samsang selaku Koordinator FIK-ORNOP mengharapkan, bahwa dalam kegiatan Strategic Planning ini seluruh lembaga anggota dapat bersama-sama mewujudkan Visi & Misi organisasi dan melakukan peran strategis sebagai organisasi gerakan.

“Hal yang lebih penting dari gerakan FIK ORNOP adalah peran kolaborasi dan sinergitas yang harus senantiasa dilakukan dalam menguatkan civil society,” ungkap Samsang.

Laporan : Andi. Agung Iskandar
Editor : Andi. Baso Pangerang WMG

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed