oleh

Dituding Pungli Pajak Kafe Panser, Kabid Pendapatan Angkat Bicara

TOPIKterkini.com–Bantaeng: Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah melalui Kabid Pendapatan H. M. Hatta membantah dugaan pungli yang ditujukan kepada instansinya seperti yang diberitakan media ini (Rabu 16/2), hal ini disampaikan kepada awak media ini di bilangan pantai seruni, Selasa 22/2/2022.

“Tidak ada pungli pak, semua yang diterima petugas kami itu langsung disetorkan ke Bank Sulselbar” jelas Hatta memperlihatkan foto copy bukti setoran dari perbankan. Yang asli langsung diserahkan kepada wajib pajak, tambahnya.

Salah satu pernyataan wajib pajak pelaku usaha Kafe di Pantai Seruni

Dia juga mengungkapkan bahwa pajak yang ditagihkan kepada pemilik kios di Pantai seruni berdasarkan Perda Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pajak Daerah, khususnya gerobak tetap dan makanan jadi.

“Jelas pak perda Nomor 5 Tahun 2017 yang menjadi dasar petugas untuk mengumpulkan dan menyetor pajak bagi pedagang makanan jadi di Pantai seruni” tambahnya.

Muh. Hatta yang didampingi Kasubid Penagihan dan Pelaporan Ilham, membantah bahwa bukti setoran yang diberikan saat petugas menerima pajak adalah blanko Fotocopy. “blanko yang diserahkan petugas saat menerima setoran pajak bukan fotocopy melainkan hasil print yang ada kantor” jelas Ilham.

Ditanya soal jumlah setoran yang bervariasi diakui Ilham bahwa itu kebijakan pimpinan, apalagi dimasa Pandemi, jika diberlakukan sesuai perda, kewajiban mereka itu minimal 300ribu Rupiah.

“Kami juga memaklumi pak, apalagi selama ada pandemi, jumlah setoran disesuaikan dengan kemampuan mereka, sesuai surat pernyataan kesediaan mereka membayar pajak” Sebut Ilham.

Pajak yang diterima petugas kolektor masih kata Ilham, lansung disetorkan ke Bank Sulselbar keesokan harinya kami antarkan bukti setoran itu ke tempat masing-masing wajib pajak.

“Hasil tagihan pajak, tidak pernah tersimpan lebih dari 24jam, kecuali petugas menagih hari sabtu, nanti hari senin disetorkan” tandasnya.

Laporan : Armin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed