oleh

Respon Cepat Brimob Sulteng di Bencana Banjir Toli-Toli

Topikterkini.com.|TOLITOLI – Banjir di Wilayah Lembah Kec. Baolan Kabupaten Tolitoli merendam puluhan rumah, pertokoan, dan fasilitas umum lainnya.

 

Intensitas hujan yang cukup tinggi sejak malam pukul 02.00 wita s.d jam 06.00 wita Rabu (23/3/2022) menyebabkan aliran Sungai lembah di Kecamatan Baolan meluap dan merendam sebagian kelurahan di Kec. Baolan yang ketinggiannya mencapai 40 cm hingga 1,5 meter.

 

Merespons kondisi tersebut, Danki IV Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulteng yang bermarkas di Tolitoli Iptu Two Bagus langsung menerjunkan personel untuk memberikan bantuan kemanusiaan.

 

“Kami terjunkan personel untuk segera hadir dilokasi, menilai situasi dan kemudian menentukan tindakan yang diperlukan berdasarkan penilaian tersebut”. Ujarnya.

 

Dilokasi personel Brimob membantu warga dengan membersihkan lumpur dari rumah-rumah warga serta turut membantu membuka akses jalan yang sempat terendam banjir.

 

“Beberapa ruas jalan terputus dan juga merusak jembatan penghubung jalan Trans Sulawesi yang berdampak pada kemacetan panjang dan membuat jalur utama masuk Baolan menuju jalan Trans Sulawesi tidak dapat dilalui,” terang Two Bagus

 

Dari data sementara bencana banjir ini mengakibatkan 2 Kecamatan, 5 Kelurahan, dan 10 Desa ikut terdampak, yakni Kecamatan Galang di Desa Kalangkangan, Desa Ginunggung, Desa lalos, Desa Tende, Desa Sabang, Desa Aung, Bajugan dan Desa Ogomoli dan Kecamatan Baolan di Kel. Baru, Kel. Tuweley, Kel. Tambun, Kel. Sidoarjo, Kel. Nalu, Desa Buntuna, dan Desa Dadakitran, jelasnya

 

“Syukur tidak ada korban jiwa meskipun jembatan putus dan air banjir menggenangi beberapa titik sawah warga yang siap panen. Hingga saat ini, warga telah kembali kerumah untuk membersihkan sisa-sisa lumpur akibat genangan banjir” pungkas Two Bagus.

 

Laporan : Andi Iswana

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed