oleh

Harga Garam Anjlok, Petani Garam di Lotim Resah

 

Topikterkini.com.Lombok Timur— Produksi garam meningkat harga garam Anjlok, petani masih kebingungan.

Pihak terkait sampai saat ini belum ada langkah ril yang di siapkan untuk para petani garam di Lombok Timur.

Sehingga pihak Dinas terkait menyiapkan anggaran di bawah 1 M, pertahunnya namun anggaran tersebut belum mencukupi untuk para petani garam di Lombok Timur

Kadis Koperasi Hajjah Masnan, Menjelaskan, anggaran dari koperasi tidak ada untuk para petani garam, Ucap, Hajjah Masnan, Kamis,12/05/2022.

” Anggaran tersebut adanya di Dinas Perdagangan dan Dinas Perindustrian,” Jelasnya.

” Saya baru duduk di Dinas Koperasi, Kalau ada anggaran seneng dong kita,” Kata, Hajjah Masnan.

“Kalau di Koperasi hanya pemasaran nya. Anggaran untuk garam khusus di Dinas Koperasi belum ada nanti mungkin kedepan nya ada anggaran,” Tandasnya.

Menyikapi hal tersebut Kades Batunampar Selatan Mahnan menjelaskan,Setiap Program yang ada semua SKPD itu supaya menyiapkan Produk untuk penunjang. Sehingga Dinas perdagangan, Dinas Perindustrian dan Koprasi harus berintekgrasi saya lihat mereka saat ini belum siap, Ujar, Mahnan.

” Anggaran yang di siapkan oleh Dinas terkait pertahun dibawah 1 Milyar itu belum cukup dan sangat rendah,” Jelas, Mahnan.

” Anggaran di bawah 1 m itu untuk pengembangan garam, pembuatan gudang, meja Cetaknya garam. Sebelum nya ada gudang juga, semuanya ini harus ada tindak lanjut dari pihak terkait untuk mengambil sikap,”Kata, Mahnan.

” Masalah garam ini sudah lama bukan kemarin sore, Pusat berbicara impor tapi Fakta di lapangan belum ada langkah ril, stok garam banyak , “Cetusnya.

” Produksi meningkat harga garam Anjlok, “Tegasnya.

“Informasi saya dapatkan semintara ada yang ngambil di luar tidak mengambil produk lokal,”Imbuhnya.

“Seharusnya pemerintah Daerah ada intervensi dan kebijakan untuk beli produk lokal,langkah yang bisa diambil, Layak jual dan layak beli, Layak beli dan layak konsumsi, barang mentah bisa menjadi barang jadi, garam mentah bisa menjadi garam beryodium ,” Tutupnya.

Liputan: RiL

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed