oleh

Bawaslu Jeneponto Hadiri Rapat Koordinasi Persiapan Verifikasi Administrasi Parpol

TOPIKTERKINI.COM – JENEPONTO: Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Jeneponto Menghadiri Rapat Koordinasi Dalam Rangka Persiapan Verifikasi Administrasi Partai Politik Oleh KPU Kabupaten Jeneponto, yang bertempat di Cafe Lino Jalan Lingkar Binamu Kabupaten Jeneponto, Selasa (16 Agustus 2022).

Bawaslu Jeneponto Hadiri Rapat Koordinasi Persiapan Verifikasi Administrasi ParpolDalam rapat tersebut Ketua Bawaslu Kabupaten Jeneponto Saiful, S.H.,M.H, menyampaikan bahwa kami di Bawaslu sendiri sudah membentuk tim, tim yang akan melakukan pengawasan langsung melekat di kantor KPU Jeneponto untuk tahapan verifikasi, dan mohon Partai poltik agar tidak melakukan pencatutan nama dan nik warga yang didaftarkan sebagai anggota partai politik, dan tidak melibatkan pihak-pihak yang di larang oleh undang-undang.

“Saya kira ketika semua pihak berkolaborasi bersinergi, insyaAllah Pemilu di Kabupaten Jeneponto akan semakin berkualitas sampai selesai penyelenggaraan pemilu tahun 2024”, kata Saiful.

Kemudian Anggota Bawaslu Jeneponto Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Antar Lembaga dan Hubungan Masyarakat, Hamka, S.Pdi, menambahkan bahwa saya harapkan kepada partai politik untuk tidak melakukan pencatutan nama ke Anggotaan dan atau Kepengurusan partai politik, dan senantiasa KPU Jeneponto mempedomani PKPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik dan pedoman teknisnya No 260 tentang pendaftaran partai politik.

“ada beberapa profesi yang dilarang menjadi anggota partai dan atau pengurus partai politik yang diatur oleh peraturan per undang-undangan, di antaranya adalah (ASN, POLRI, TNI, Kepala Desa, PKH, Tenaga Pendamping Profesional, Direksi, Dewan Pengawas atau Komisaris BUMD, Badan Permusyawaratan Desa, Perangkat Desa)”, ucap Hamka.

Dikesempatan yang sama Koordinator Divisi SDM, Organisasi Data dan Informasi Dr. Sampara Halik S.Pd.I M.Ag menyampaikan bahwa kegiatan ini di harapkan dapat menjadi wadah untuk meminimalisir potensi sengketa kedepan antara penyelenggara Pemilu dengan peserta Pemilu dalam hal ini Partai politik.

“Kegiatan ini sangat penting untuk mengetahui sejak dini potensi dan permasalahan sengketa antara penyelenggara Pemilu dan Partai Politik”, tutup Sampara Halik yang baru saja menyelesaikan kuliah Doktornya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua dan Anggota Bawaslu Jeneponto, Komisioner KPU Jeneponto, Lo Partai, serta Staf Sekretariat Bawaslu Jeneponto.

Laporan: Erank

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.