SDN Kompleks Sambung Jawa Kembali Ikut IMA 2022

Topikterkini.com-Makassar |
SD Negeri Kompleks Sambung Jawa kembali mengikuti Innovation Major Awards (IMA), yang diadakan pemerintah Kota Makassar Tahun 2021 lalu. Sekolah yang berada di Kecamatan Mamajang itu berhasil menyabet Juara I, lewat program inovasi KePo atau kenali potensi.

Kepala UPT SPF SD Kompleks Sambung Jawa, Fahmawati, S.Pd, lewat WhatsApp, Rabu, (16/11/2022) mengatakan Tahun 2022 ini, kami ikut lagi dengan inovasi lain, namanya TEMAN, akronim dari Tim Edukasi dan Mediasi Anak,” jelas Fahmawati, S.Pd, Kepala UPT SPF SD Kompleks Sambung Jawa, lewat WhatsApp, Rabu, 16 November 2021.

TEMAN, kata Bu Fahma, begitu ia akrab disapa, merupakan implementasi dari Sekolah Ramah Anak (SRA). Lewat program ini, sekolah memberi ruang bagi pelibatan anak dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan anak. Anak-anak akan melakukan kegiatan edukasi dan mediasi, jika ada kasus-kasus, seperti bullying misalnya.

“Secara sederhana, pendekatan TEMAN ini, boleh dikata, dari anak oleh anak dan untuk kepentingan terbaik anak,” papar Bu Fahma.

Filosofi konsep TEMAN tergambarkan pada motonya, yakni “teman itu saudara”. Juga dalam prinsip kerja yang mesti dipedomani, yang berbunyi “dengarkan, bicarakan, selesaikan”. Tim TEMAN terdiri dari murid laki-laki dan perempuan, sehingga memberikan akses yang sama untuk setiap anak berpartisipasi.

Aktivis hak anak, Rusdin Tompo, pada Jumat, 11 November 2022, memberikan materi seputar TEMAN kepada anggota Tim TEMAN, didampingi Sri Wahyunaningsih, salah seorang guru mereka. Anak-anak diberikan pemahaman tentang pentingnya sikap empati, saling menghargai, dan hidup rukun meski berasal dari keluarga dan tempat berbeda.

Kepada anak-anak itu juga disampaikan terkait cara mereka melakukan kegiatan edukasi dan mediasi. Ada standar operasional prosedur (SOP) yang jadi rukujukan bagi mereka, khususnya ketika melakukan mediasi saat menangani laporan.

“Di TEMAN ini kita jadi juru damai untuk mendamaikan teman-teman kita agar kembali akrab seperti semula,” terang Rusdin Tompo, yang juga dikenal sebagai penulis dan penggiat literasi itu.

Dasar hukum TEMAN ada beberapa, di antaranya UU No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Keppres No 36 Tahun 1990 tentang Ratifikasi Konvensi Hak Anak, Perda Provinsi Sulsel No 4 Tahun 2013 tentang Sistem Perlindungan Anak, dan Perwali Makassar No 2 Tahun 2017 tentang Kota Layak Anak. TEMAN juga didasarkan pada visi dan kebijakan Walikota Makassar tentang 18 Revolusi Pendidikan.

Innovation Major Awards (IMA) 2022 yang diadakan Pemkot Makassar ini, tahapannya sudah berlangsung sejak awal November 2022. Setiap peserta IMA diminta membuat inovasi yang menunjukkan kebaruan, keunikan dan ciri pembeda, yang tergambarkan dalam rancang bangun profil inovasinya. Lomba ini berlangsung November-Desember 2022.

Laporan: Rachim Kallo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *